50.093 KPM PKH di Kabupaten Jombang Bakal dapat Tambahan Beras

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jombang, Moch Saleh, Kamis (03/09). [arif yulianto/bhirawa].

Jombang, Bhirawa
Sejumlah 50.093 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Jombang bakal menerima tambahan bantuan beras sebanyak 15 Kilogram per bulan. Stimulus beras dari Pemerintah Pusat bagi KPM PKH ini akan diberikan selama 3 bulan terhitung mulai bulan Agustus, September, dan Oktober 2020.

Menurut Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Jombang, Moch Saleh, Kementrian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia telah memprogramkan 2 program sosial sejak bulan Agustus 2020 yang lalu.

“Dan memang Instruksi Presiden Jokowi pada semua kementrian termasuk Kemensos, untuk segera meluncurkan bantuan-bantuan dalam rangka untuk pemulihan ekonomi bagi KPM,” ungkap Moch Saleh, Kamis (03/09).

Terkait hal ini, lanjut Moch Saleh, ada 1 program terkait bantuan beras. Bansos beras tersebut, kata dia, diperuntukkan bagi para KPM PKH.

“Kemarin kami menerima sosialisasi, dan baru dilaunching kemarin secara nasional di Jakarta, dan di Jatim di beberapa kabupaten juga sudah mulai dilaksanakan. Jadi, hitungannya adalah mulai Agustus sampai dengan Oktober (2020). Per KPM per bulannya menerima 15 Kilogram,” jelas Moch Saleh.

Karena saat ini sudah memasuki bulan September 2020, maka sambung dia, pada bulan Spetember 2020 ini, KPM PKH di Kabupaten Jombang akan menerima Bansos beras sebanyak 30 Kilogram.

“Tinggal nanti penyelesaian di bulan Oktober (2020),” ucap dia.

Mekanisme penyaluran Bansos beras bagi KPM PKH ini terang dia, BNBA sudah existing PKH yang ada di Kemensos RI, dan selanjutnya, BNBA ini akan diturunkan kepada Bulog (Badan Urusan Logistik) untuk menerima data-data dari Kemensos RI.

“Setelah itu, Bulog nanti ada transporter yakni pihak ke-3 yang sudah ditunjuk oleh Kemensos. Transporter ini nanti akan datang ke Bulog, dan Bulog menyediakan komoditi di depan pintu gudang, diambil, trnasporter inilah yang meluncur ke KPM PKH, yang nanti akan dikawal Pendamping PKH,” bebernya.

Meski begitu, Moch Saleh mengatakan, untuk tekhnis penyaluran Bansos beras bagi PKM PKH di Jombang ini, pihaknya masih menunggu hasil rapat koordinasi di Dinas Sosial Provinsi Jatim yang melibatkan seluruh Dinsos kabupaten/ kota yang ada di Jatim.

“Untuk menerima Juklak (Petunjuk Pelaksanaan) dan Juknis (Petunjuk Tekhnis) nya,” pungkasnya.(rif)

Tags: