50 Persen Lebih Warga Dijamin BPJS Kesehatan

Jember, Bhirawa
Dalam waktu 100 hari, Badan Penyelenggra Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Jember berhasil merekrut 50 persen lebih warga Jember masuk dalam program BPJS Kesehatan. Hingga 2019, dipastikan semua penduduk Jember sebanyak 2,3 juta¬† terjamin kesehatannya. “Kami optimis, sebelum tahun 2019 nanti semuanya sudah clear, dan seluruh masyarakat Jember terjamin kesehatannya oleh BPJS Kesehatan” ujar Kepala BPJS Kesehatan Jember Ismail Mardjuki, kemarin.
Berdasarkan data, saat ini tercatat sekitar 1.114.833 orang yang sudah menjadi peserta BPJS, dari total penduduk Jember sebesar 2,3 juta jiwa. “Jumlah itu jauh lebih banyak, jika dibandingkan dengan kabupaten lain, seperti Lumajang, yang baru bisa menjadikan sekitar 503.459 orang warganya menjadi peserta BPJS,” katanya.
Menurutnya, target menjadikan seluruh warga Jember menjadi peserta BPJS, selain sesuai dengan amanah Perarturan Pemerintah (PP), juga karena ada alasan lainnya.”BPJS telah mampu merangkul sebanyak 107 fasilitas kesehatan yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Jember, dengan rincian, 49 Puskesmas, 17 Dokter Keluarga, 9 Dokter Gigi, 9 Klinik, 7 Rumah Sakit, 3 Apotik, 6 Optikal, dan 7 Klinik Kesehatan Khusus TNI/Polri.¬† Seluruh fasilitas kesehatan tadi, nantinya akan mempermudah akses bagi seluruh warga Jember dalam memperoleh pelayanan kesehatan melalui Program BPJS,” katanya pula. [efi]

Tags: