54 Siswa Perwira TNI AL Laksanakan Orientasi

01oriKobangdikal, Bhirawa
Sebanyak 54 siswa Pendidikan Spesialisasi Perwira (Dikspespa) Kejuruan Teknik yang menempuh pendidikan di Pusat Pendidikan Teknik (Pusdiktek) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum), Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal) laksanakan Orientasi.
Komandan Pusdiktek Letkol Laut (T) Widiyantoro dalam sambutanya menyampaikan bahwa pelaksanaan orientasi dimaksudkan untuk pengenalan lingkungan Lembaga Pendidikan khususnya Pusdiktek dan organisasi secara umum kepada para siswa sebelum melaksanakan proses belajar mengajar, sehingga mereka tidak kaget dengan pendidikan yang akan dijalani beberapa bulan ke depan itu.
Orientasi ini juga dimaksudkan untuk pengenalan struktur pejabat baik di Pusdik maupun Kodikdukum, selain itu juga memperkenalkan materi-materi yang akan dipelajari selama menempuh pendidikan di Kobangdikal ini.
Kepada para siswa, Pamen melati dua di pundak ini berharap, selama menempuh pendidikan, siswa terus semangat dalam mengikuti proses belajar mengajar serta senantiasa menjaga kesehatan baik fisik maupun mental.
Selesai orientasi, laksanakan kegiatan belajar mengajar secara serius dan sungguh-sungguh, berusahalah untuk memperbaiki diri dengan senantiasa belajar, jadikan pendidikan sebagai pijakan untuk mengikuti jenjang pendidikan berikutnya.
Sementara sebelumnya, Wakil Komandan Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Wadan Kobangdikal) Brigjen TNI Marinir Ivan A.R Titus, S.H membuka program Pendidikan Spesialisasi Perwira (Dikspespa) dan Pendidikan Dasar Kecabangan (Diksarcab) Marinir TA 2014, yang diikuti 264 Perwira Pertama (Pama) TNI AL pangkat Lettu hingga Kapten.
Adapun program pendidikan tersebut antara lain Dikspespa Pelaut, Dikspespa Teknik, Dikspespa Senjata dan elektronika, Dikspespa Suplai, Dikspespa Hukum, Dikspespa Kesehatan, Dikspespa hidros, Dikspespa Personel, Dikspespa Pendidikan dan Diksarcab Marinir.
Komandan Kobangdikal Laksda TNI Widodo SE dalam amanat yang dibacakan Wadan Kobangdikal Brigjen TNI Marinir Ivan. A.R. Titus, S.H menyampaikan bahwa tujuan dari Pendidikan ini adalah mendidik dan membekali perwira siswa TNI AL untuk menjadi prajurit yang berjiwa pejuang Sapta Marga, memiliki kesamaptaan dan profesionalisme sebagai matra laut yang mampu berpikir, bersikap dan bertindak sesuai dengan tuntutan tugas sebagai Kasi, Kasubsi, atau Perwira Divisi di KRI maupun pendirat, sedangkan Diksarcab Marinir bertujuan untuk mendidik prajurit Pejuang Sapta Marga yang profesionalisme sesuai kecabangan masing-masing, sehingga mampu mengemban tugas sebagai komandan kompi dan staf batalyon serta jabatan lain yang setingkat.
Lebih lanjut Dankobangdikal menyampaikan selain meningkatkan profesionalitas dan Sumber Daya manusia (SDM) TNI AL, Dikspespa dan Diksarcab ini diadakan untuk menghasilkan sosok prajurit yang memiliki etika moral yang disesuaikan dengan nilai nilai kepemimpinan, keteladananan dan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Berkaitan dengan pendididkan tersebut Dankobangdikal berharap bahwa output Kobangdikal harus dapat memberikan tampilan terbaik bagi pengguna, karena para siswa telah dipersiapkan untuk menjadi calon pemimpin andal dimasa depan yang tidak saja mencakup kemampuan phisik dan penguasaan teknologi alutsista tetapi juga dicetak menjadi prajurit yang berkarakter dan memiliki integritas kokoh dengan semangat pengabdian dan pengorbanan yang tulus ikhlas disertai pantang menyerah. [bed]

Tags: