6320 Vaksin Sinovac Tiba Di Kantor Dinkes Kabupaten Jombang

Kedatangan 6320 Vaksin Sinovac di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, Jumat siang (29/01). (arif yulianto/bhirawa).

Jombang, Bhirawa
Sebanyak 6320 Vaksin Sinovac untuk vaksinasi Covid-19 tiba di Kabupaten Jombang. Vaksin ini dimuat dalam 4 kotak dan dikirimkan dengan menggunakan mobil boks dengan pengawalan ketat petugas keamanan. Mobil berisi vaksin itu tiba di halaman Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jombang, Jumat (29/01) sekitar pukul 13.00 WIB.

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Kesehatan Primer, Dinkes Provinsi Jawa Timur (Jatim), Sri Suhartatik, kedatangan vaksin ini merupakan tahap pertama termin kedua.

“Masih untuk Nakes (Tenaga Kesehatan) yang ada di Puskesmas, di rumah sakit, ataupun klinik,” kata Sri Hartatik.

Dia menjelaskan, vaksin-vaksin yang datang kali ini juga sama jenisnya dengan vaksin yang sudah datang sebelumnya yakni, Vaksin Sinovac.

Dijelaskan Sri Hartatik, untuk pengiriman vaksin pada tahap kedua direncanakan dilaksanakan pada bulan Februari 2021.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Jombang, Wahyu Sri Harini mengatakan, hingga saat ini, total sudah ada 10.320 Vaksin Sinovac yang datang di Jombang, karena sebelumya sudah ada 4000 vaksin serupa yang datang.

“Ini terbagi untuk 2 kali suntikan, pada tahap satu, sama 14 hari kemudian diberikan suntikan untuk tahap dua,” ucap Wahyu Sri Harini.

Sambung dia, untuk pendistribusian vaksin yang baru datang ini, kemungkinan sebagian juga akan didistribusikan sembari melakukan pendataan ke Faskes-Faskes untuk mengetahui sisa vaksin yang telah didistribusikan sebelumnya.

“Titik (pendistribusiannya) sama, jadi ada 34 Puskesmas, kemudian ada 11 rumah sakit, dan 2 klinik pratama, di Kodim dan Polres,” tutupnya.(rif)

Tags: