640 CJH Kabupaten Madiun dan Kota Madiun Diberangkat Kedua Pj Kepala Daerah

Ratusan jemaah calon haji tersebut dilepas langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Madiun Ir. Tontro Pahlawanto di Pendopo Ronggo Djumeno, Caruban menuju Asrama Haji Sukolilo. Rabu (15/5/2024) dini hari. [sudarno/bhirawa]

Kab Madiun, Bhirawa.
Sebanyak 640 Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Madiun dan Kota Madiun diberangkatkan meuju tanah suci. Terdiri dari 212 CJH asal Kota Madiun dilepas Pj. Wali Kota Madiun, Eddy Supriyatno.

Sedang 428 CJH asal Kabupaten Madiun dilepas keberangkatan menuju tanah cuci oleh Pj. Bupati Madiun, Ir. Tontro Pahlawanto di Pendopo Ronggo Djumeno, Caruban menuju Asrama Haji Sukolilo. Rabu (15/5) dini hari.

Pj. Bupati Ir. Tontro mendoakan para jemaah agar senantiasa diberikan kesehatan dan keselamatan sehingga bisa melaksanakan ibadah haji di tanah suci dengan lancar.

“Selamat menunaikan ibadah haji, semoga menjadi haji yang mabrur dan mabruroh,” katanya.

Jemaah calon haji asal Kabupaten Madiun tersebut tergabung dalam Kloter 16 dan 17 Embakarsi Surabaya. Dijadwalkan calon haji kloter 16 akan berangkat dari Bandara Juanda Surabaya dengan No. Penerbangan SV 5237 pada besok (16/5) pukul 00.20 WIB dan tiba di Arab Saudi pada 09.10 waktu setempat.

Sedangkan kloter 17 dijadwalkan berangkat dari Bandara Juanda Surabaya pukul 01.30 WIB dan tiba tanah suci pada 10.20 waktu setempat dengan No. Penerbangan SV 5113.

Calon haji tersebut dijadwalkan akan kembali ke Indonesia pada 26 Juni 2024 mendatang.

Jemaah calon haji termuda adalah Fataalia Afra Salsabila. Remaja putri berusia 18 tahun asal Desa Kincang Wetan, Kecamatan Jiwan tersebut akan menjalankan ibadah haji bersama kedua orang tuanya. Sementara jemaah calon haji tertua adalah Hayatun, yang merupakan warga Desa Tiron, Kecamatan Madiun dengan usia 90 tahun.

Melepas CJH Ke Tanah Suci, Pj. Wali Kota Pesan Jaga Kesehatan

Kesempata yang sama, sebanyak 212 calon jamaah haji (CJH) Kota Madiun resmi diberangkatkan dari Wisma Haji Kota Madiun menuju Asrama Haji Sukolilo, Surabaya. Prosesi pemberangkatan dipimpin oleh Pj. Wali Kota Madiun Eddy Supriyanto, Selasa (14/5) malam.

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota mengimbau kepada para jamaah untuk senantiasa menjaga kesehatan selama menunaikan ibadah di Baitullah. “Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, cuaca di sana cukup panas. Bahkan mencapai 45-50 derajat celcius. Tetap jaga kondisi tubuh agar selalu sehat,” ujarnya.

Adapun jamaah haji asal Kota Madiun tergabung dalam kloter 17 embarkasi Surabaya. Para jamaah diberangkatkan dari Surabaya menuju Madinah pada Kamis (16/5) pukul 03.40. Kepada ASN yang mengikuti ibadah haji, Pj. Wali Kota berpesan agar tetap siap sedia melayani masyarakat. Terutama, jamaah haji yang usia lanjut.

Sebagai informasi, total CJH dari Kota Madiun tahun ini sebanyak 218 orang. 6 di antaranya adalah CJH cadangan yang akan berangkat dengan kloter 20 embarkasi Surabaya. 44 orang berusia lanjut. Jamaah tertua berusia 85 tahun. [dar.gat]

Tags: