Tiga Polres Disiagakan Antisipasi Gunung Raung

Lava pijar yang keluar dari gunung Raung.

Lava pijar yang keluar dari gunung Raung.

Polda Jatim, Bhirawa
Meningkatnya aktivitas Gunung Raung dari status waspada menjadi siaga sejak Senin (29/6) pukul 09.00 WIB lalu, membuat Polda Jatim melakukan siaga penuh atas gunung api yang terletak di Kabupaten Bondowoso tersebut.
Kapolda Jatim Irjen Pol Anas Yusuf menegaskan, pihaknya memerintahkan tiga Polres yang berada disekitar Gunung Raung untuk siaga penuh. Ketiga Polres yang disiagakan, yakni Polres Jember, Polres Bondowoso, dan Polres Banyuwangi. Selain itu, Kapolda memerintahkan Kapolres Bondowoso untuk siaga di dekat daerah bencanana.
“Kapolres Bondowoso tidak bisa mengikuti acara HUT Bhayangkara ke-69, dikarenakan beliau memantau keadaan di wilayah dekat Gunung Raung,” kata Kapolda Jatim Irjen Pol Anas Yusuf usai memimpin acara HUT Bhayangkara ke-69, Rabu (1/7).
Dijelaskan Anas, saat ini Kapolres Bondowoso memantau di Desa yang terletak kurang 7 km dari Gunung Raung. Selain itu, Anas mengaku sudah menyiapkan langkah-langkah evakusai, baik mulai dari jalur evakuasi sampai pada tempat untuk evakuasi. “Kita doakan agar tidak terjadi letusan,” ungkapnya.
Nantinya, lanjut Anas, pada saat gelar pasukan pengamanan arus mudik Lebaran 2015, pihaknya sekalian menyiapkan pasukan dalam rangka kegiatan bencana. Tujuannya adalah untuk melakukan antisipasi dan langkah-langkah evakuasi jika terjadi bencana yang tidak terduga. “Selain pengamanan arus mudik, gelar pasukan nantinya juga difokuskan pada kegiatan siaga Gunung Raung,” tegas Anas.
Ditambahkan Anas, selain mengerahkan tiga Polres untuk melakukan langkah-langkah antisipasi evakuasi, pihaknya juga bekerjasama dengan Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim terkait evakuasi terhadap korban dampak Gunung Raung. “Sebagai leader sector, peran BPBD Jatim sangat dibutuhkan dalam bencana yang terjadi di Gunung Raung,” pungkasnya.
Sebelumnya, Gunung Raung mengeluarkan percikan api yang terlihat hingga jarak 15 km dari puncak di Dusun Gayasan, Desa Gunung Malang Kecamatan Sumberjambe, Minggu (28/6). Pada Senin (29/6) pukul 09.00 WIB, Badan Geologi dan pemberitahuan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menaikkan status Gunung Raung dari waspada menjadi siaga (level II). [bed]

Tags: