70 Ribu Lowongan Kerja Dibuka

5-ach-70 Ribu Lowongan Kerja Mulai DibukaSidoarjo, Bhirawa
Sekitar 70 ribu lowongan kerja yang melibatkan 52 perusahan mulai dibuka secara serentak melalui Pemkab Sidoarjo dengan program bursa kerja atau Job Fair 2014. Wakil Bupati Sidoarjo, MG Hadi Sutjipto SH MM secara resmi membuka bursa kerja atau Job Fair 2014 yang digelar di GOR Sidoarjo, Kamis (22/05) kemarin.
Ada 70 ribu lowongan pekerjaan yang tersedia dan 52 perusahaan yang mengikuti bursa kerja tahap pertama ini, meliputi bidang perbankan, RS, finance, pelayaran dan retail.
Menurut Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, M Husni Thamrin, kalau pihaknya telah bekerja sama dengan puluhan perusahaan yang akan meramaikan bursa kerja ini. Tahap pertama ini ada sekitar 52 perusahaan yang menyediakan sekitar 70 ribu lowongan. ”Target kami untuk gelombang pertama ini akan didatangi sekitar 3 ribu hingga 5 ribu pelamar,” katanya.
Perusahaan yang ikut bergabung antara lain PT UBM, PT Ispatindo, PT Propan, PT Indomarco (Indomaret), PT Adira Finance, PT Alfamidi, PT Bahtera Eka Samudera, PT Sinar Mas Multi Finance dan beberapa RS di Sidoarjo seperti RS Mata Fatma, RSI Siti Hajar dan RS Delta Surya dan beberapa perusahaan lainnya.
Lowongan kerja yang tersedia cukup banyak, mengingat angka pengangguran tahun 2013 lalu di Kab Sidoarjo sebanyak 50.018 orang. Dengan dibukanya bursa kerja tahun 2014 ini berarti membuka peluang kerja yang melebihi dari angka pengangguran. “Harapan kami akan mampu mengurangi angka pengangguran di wilayah Sidoarjo yang sangat signifikan,” terang MH Thamrin.
Sementara Wakil Bupati Sidoarjo, MG Hadi Sutjipto, usai membuka prosesinya sangat memberikan apresiasi kepada Dinsosnakertrans yang telah menyelenggarakan bursa kerja 2014. Selain itu juga memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang telah menjalin kerja sama dalam penyelenggaraan bursa kerja tahun 2014 ini.
Hadi Sutjipto menjelaskan, dengan diselenggarakannya bursa kerja ini yang jelas bisa mengurangi angka pengangguran di Sidoarjo. ”Selain itu, dengan adanya bursa kerja, baik perusahaan maupun pencari kerja sama-sama mendapatkan kemudahan dalam mencapai tujuannya masing-masing,” katanya.
Sehingga para pencari kerja tak lagi susah-susah, kesana kemari untuk memasukkan lamaran kerja, karena di bursa kerja ini selain tak melalui calo juga langsung bisa menaruh lamaran ke perusahaan yang tersedia. “Tinggal pilih saja perusahaan mana yang mau dipilih untuk bekerja,” ujar Hadi Sutjipto.
Begitu juga sebaliknya, perusahaan-perusahaan yang ikut bursa kerja, tinggal memilih saja para pelamar kerja yang sudah berdatangan. ”Diperkirakan ada sekitar 3 ribu hingga 5 ribu pelamar kerja yang akan datang di bursa kerja ini,” pungkas Wakil Bupati. [ach]

Keterangan Foto : Wakil Bupati, MG Hadi Sutjipto ketika mengunjungi stan-stan penerimaan lamaran kerja. [achmad suprayog/bhirawa]

Rate this article!
Tags: