95,92% Balita Jember Sudah Divaksin Polio

Foto: ilustrasi

Foto: ilustrasi

Jember, Bhirawa
Sebanyak 95,92 persen dari 173.807 anak bawah lima tahun (balita) di Kabupaten Jember sudah divaksin polio dalam Pekan Imunisasi Nasional (PIN) yang digelar serentak di seluruh posyandu.
“Sebanyak 166.719 balita atau 95,92 persen sudah diberi vaksin polio pada saat PIN Polio serentak yang dilaksanakan pada 8 Maret 2016,” kata Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P2KL) Dinas Kesehatan Jember Dyah Kusworini, Rabu (9/3).
Menurutnya estimasi balita yang menjadi sasaran PIN Polio berdasarkan data Badan Pusat Statistik di Kabupaten Jember sebanyak 182.752 balita, namun berdasarkan pendataan di seluruh posyandu tercatat jumlah balita di Jember sebanyak 173.807 anak.
“Sasaran pendataan bisa berubah karena tidak semua balita rutin datang ke posyandu setiap bulan, sehingga Dinkes Jember membuat proyeksi estimasi balita yang menjadi target sasaran PIN Polio berdasarkan data BPS,” tuturnya.
Untuk itu, lanjut dia, Dinkes Jember melakukan berbagai strategi untuk menambah jumlah pos PIN Polio tambahan selain posyandu yang menjadi pos PIN utama karena bisa menjangkau masyarakat yang berada di luar rumah.
“Pos PIN tambahan disediakan di tempat fasilitas umum seperti pasar tradisional, pusat perbelanjaan, stasiun, dan terminal, serta tempat-temat keramaian lainnya,” katanya.
Selain itu, Pos PIN tambahan juga disediakan di fasiltas pelayanan kesehatan untuk sasaran balita yang diajak orang tuanya menjenguk atau menunggu keluarga yang sedang sakit. “Kami berharap seluruh balita mendapatkan vaksin polio selama Pekan Imunisasi Nasional yang digelar 8-15 Maret 2016,” ujarnya menambahkan.
Dyah mengatakan kader posyandu dan petugas kesehatan juga akan melakukan kunjungan ke rumah-rumah warga yang memiliki balita dan belum mendapatkan vaksin polio.
Dinkes Jember menyiapkan sebanyak 2.830 pos PIN utama yang tersebar di seluruh posyandu dan 78 pos tambahan yang tersebar di puskesmas, rumah sakit, stasiun, terminal, pasar, dan pusat perbelanjaan.
Pos PIN utama dibuka secara serentak pada 8 Maret 2016 di seluruh posyandu di Kabupaten Jember mulai pukul 08.00-12.00 WIB, sedangkan pos tambahan akan dibuka selama beberapa hari yakni 8-15 Maret 2016. [efi,ant]

Tags: