Abdul Chodir Mundur dari Caketum PBSI Jatim

19-abdul chodirSurabaya, Bhirawa
Bursa calon ketua umum (Caketum) Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Jatim kemungkinan akan diisi dua calon, sebab salah satu kandidat Abdul Chodir secara resmi mengundurkan diri dari perebutan kursi Ketua Umum PBSI Jatim.
Mundurnya Abdul Chodir yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PBSI Surabaya dibenarnya oleh Bayu Wira (Ketua Harian PBSI Surabaya) yang mengatakan kalau Abdul Chodir mengundurkan diri dari bursa calon karena sibuk dengan urusan pekerjaaan dan fokus untuk membina bulu tangkis di Surabaya. “Saat ini beliau (Abdul Chodir) tengah sibuk dan fokus dengan pekerjaan,” katanya, Minggu (18/5).
Lebih lanjut Bayu menjelaskan, kalau selama ini dukungan Pengkot/Pengkab ke Abdul Chodir untuk menjadi Ketua Umum PBSI cukup banyak dan memiliki peluang untuk bisa memimpin PBSI Jatim. “Tapi ya bagaimana lagi, keputusan tetap ada ditangan calon (Abdul Chodir),” katanya.
Sementara itu, Sekum PBSI Surabaya, Nanang Hidayat membenarkan kalau Abdul Chodir sudah mengajukan surat mengundurkan diri dari pencalonan Ketua Umum PBSI Jatim. “Surat itu diberikan ke panitia Musprov pada tanggal 8 Mei lalu, alasan beliau karena masalah pekerjaan yang tidak bisa ditinggal,” katanya.
Dengan mundurnya Abdul Chodir, maka jabatan Ketua Umum PBSI Jatim kemungkinan hanya diperebutkan oleh dua kandidat yakni Wijanarko Adimulya yang selama ini menjabat sebagai ketua bidang pembinaan prestasi PBSI Jatim dan incumbent Yacob Rusdianto. Para calon nantinya akan bersaing di Musyawarah Provinsi (Musprov) pada 25 Mei di Banyuwangi.
Majunya Wijanarko Adimulya menjadi Caketum PBSI Jatim sebenarnya sangat mengejutkan, karena selama ini dia adalah orang kepercayaan Yakob Rusdianto, terbukti pada PON XVIII 2012 lalu, Wijanarko ditunjuk sebagai manajer tim bulu tangkis Jatim, sayangnya ia gagal mengantarkan atlet meraih medali emas. Selain itu Widjarnarko juga juga sering diberikan kepercayaan menjadi manajer bagi tim Jatim saat berlaga di beberapa kejuaraan nasional.
Salah satu sumber yang enggan disebut namanya mengatakan, kalau antara Widjanarko dan Yakob sudah mulai ada perselisihan. Puncaknya Widjanarko di pecat dari PB Suryanaga yang selama ini dikelola oleh Yakob Rusdianto. “Widjanarko dipecat karena ia nekad maju sebagai ketua umum,” kata sumber tersebut.
Seperti diketahui, Kabupaten Banyuwangi akan menjadi tuan Musprov PBSI  Jatim pada 29 Mei mendatang. Salah satu alasan dipilihnya Banyuwangi karena para pengurus juga ingin melihat fasilitas Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V 2015.
Sekretaris Umum Pengprov PBSI Jatim Eddyanto Sabarudin mengatakan, penetapan jadwal musprov merupakan hasil rapat pengurus harian dan sudah disampaikan kepada 38 pengurus PBSI kabupaten/kota se-Jatim.
“Masa kepengurusan PBSI Jatim periode 2010-2014 akan berakhir pada Juli, sehingga akhir Mei merupakan jadwal yang pas untuk menggelar musprov pemilihan ketua umum baru,” katanya. [wwn]

Keterangan Foto : Caketum PBSI Jatim, Abdul Chodir.

Tags: