Ajak Buyer, Seller, dan Exhibitor Manfaatkan MTF

30-travel-MTFUsung Tema ‘Sport and Recreation’
Pemprov, Bhirawa
Pemprov Jatim melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim mengajak peran aktif seluruh buyer, seller, dan exhibitor baik dalam dan luar negeri memanfaatkan momentum agenda besar tahunan Jatim di sektor kepariwisataan, Majapahit Travel Fair (MTF) 2014 yang akan dilaksanakan mulai 8 Mei 2014.
Kepala Disbudpar Jatim, Dr H Jarianto MSi mengatakan, pelaksanaan MTF 2014 dapat menempatkan Jatim pada peta pariwisata dunia. “Salah satunya menjadikan Jatim sebagai Daerah Tujuan Wisata (DTW) nasional dan internasional,” katanya, diruang kerjanya, Selasa (29/4).
Menurutnya, kegiatan MTF menciptakan peluang bisnis pariwisata antara pelaku usaha di sektor itu dengan pebisnis di provinsi lain maupun luar negeri. Selain itu, bertujuan meningkatkan kemampuan pelaku industri pariwisata khususnya di bidang promosi, penjualan, dan negosiasi.
“Di sisi lain, dapat menambah apresiasi masyarakat terhadap pariwisata dalam menggerakkan perekonomian daerah hingga nasional serta meningkatkan kunjungan wisatawan asing dan domestik ke Jatim,” katanya.
Banyak perbedaan dalam pelaksanaan MTF 2014 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang diharapkan bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan baik nusantara (wisnus) dan mancanegara (wisman) di Jatim.
Sebab, sepanjang tahun 2013 jumlah kunjungan wisatawan mencapai 300.909 wisman, dan 38.474.757 lebih wisnus yang menyamai jumlah penduduk Jatim. Sedangkan, sektor pariwisata di Jatim turut memberikan kontribusi Rp88,16 Triliun atau 7,76 persen terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jatim sebesar Rp1136,33 Triliun.
Dalam kesempatan ini, Jarianto mengharapkan adanya target kenaikan dalam pelaksanaan baik travex, pameran dan bursa industri, sampai dengan jumlah kunjungan masyarakat.  “Setidaknya harapannya bisa mencapai 10 persen kenaikannya,” katanya.

Travex
Kegiatan Travex merupakan upaya memaksimalkan penjualan paket wisata dan hasil transaksi travex. Kali ini, travex dilaksanakan didalam booth menggunakan round robbin system dengan format buyer meet seller, tidak seperti sebelumnya diatas meja. Tujuannya agar bisa meningkatkan hasil transaksi.
Target buyer 85 travel agent berasal dari 10-15 negara pasar Jawa Timur, negara yang memiliki direct flight ke Surabaya dan negara pasar baru bagi Jatim serta provinsi luar Jatim. Sedangkan jumlah seller 80 industri pariwisata dari Jatim sebesar 80 persen dan luar Jatim sebanyak 20 persen.
Sampai per 28 April, jumlah buyer dari luar negeri sebanyak 77 orang dari 13 negara seperti Malaysia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei Darussalam, Indonesia, Jerman, Jepang, Korea Selatan, Philipina, China, Rusia, dan Vietnam. Sedangkan seller sebanyak 67 orang dari 50 orang dari Jatim dan 17 orang luar Jatim. Jumlah ini masih akan bertambah sampai jelang pelaksanaan MTF 2014.

Pameran dan Bursa Pariwisata
Pameran diselenggarakan selama sempat hari terhitung 8-11 Mei 2014 berlokasi di Exhibition Hall Grand City Convex, Surabaya dengan jumlah 180 stand. Pameran ini terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya masuk dan dibuka mulai puklu 10.00 s/d 21.00 Wib.
Jika sebelumnya peserta pameran dan bursa pariwisata didominasi Pemkab/Kota, kini Disbudpar Jatim memasukkan ‘keterlibatan industri pariwisata’ sebagai salah satu kriteria utama dalam penilaian stand pameran terbaik dalam rangka meningkatkan peran pelaku pariwisata. Sampai 27 April, peserta pameran yang mendaftar sudah mencapai 105 peserta yang menempati 141 stand.

Pembukaan dan Jamuan Makan Malam
Pembukaan MTF 2014 bersamaan dengan Jamuan Makan Malam pada tanggal 8 Mei 2014 pukul 19.00 Wib bertempat di Conventional Hall lantai 3 Grand City Convex Surabaya. Jamuan Makan Malam dikemas dalam acara Cultural Evening yang merupakan ucapan selamat datang Gubernur Jatim bagi delegasi MTF seperti buyer, seller, dan exhibitor dan lainnya sebagai upaya memperkenalkan serta mempromosikan kuliner, batik, dan kesenian khas Jatim.
Menu yang disajikan berasal dari 40 industri hotel, restoran, catering, dan industri minuman di Jatim. Dekorasi stall Jamuan Makan Malam mengacu pada tema MTF ‘Sport and Recreation’. Sampai tanggal 11 April 2014, Jamuan Makan Malam sudah terpenuhi sejumlah 43 peserta.

Fam Trip
Fam Trip merupakan upaya mempromosikan daya tarik wisata Jatim melalui pengalaman langsung bagi buyer dan exhibitor MTF, sehingga mereka membeli paket wisata ke Jatim. Sedangkan bagi wisatawan yang sudah pernah berkunjung akan datang lagi ke Jatim.
Fam Trip bagi buyer akan dilaksanakan pada 9 Mei 2014. Sedangkan bagi exhibitor dilaksanakan 10 Mei 2014 dengan 3 alternatif tujuan seperti Malang-Batu Tour, Surabaya City Tour, dan Bromo Midnight Tour.

Seminar
Seminar akan berlangsung pada 9 Mei bertempat di Diamond Room Grand City Convex Surabaya dngan tema ‘Melalui Sport and Recreation, Kita Tingkatkan Peluang Pasar Pariwisata Jatim untuk menjadi Destinasi Pariwisata Dunia’.
Pembicara seminar dari PT Ancol Jaya Jakarta dan Promotor Jakarta Marathon. Kegiatan seminat diikuti 100 peserta berasal dari instansi budpar Kab/kota di Jatim, pengelola DTW, lembaga pendidikan pariwisata, asosiasi pariwisata, pengelola hotel, event organizer, dan instansi terkait.

Berbagai Lomba
Berbagai lomba bakal diadakan dalam kegiatan MTF 2014, diantaranya Dekorasi stall Jamuan Makan Malam mengacu pada tema MTF ‘Sport and Recreation’dan akan dinilai untuk dipilih menjadi lima pemenang, pemenang penataan stand terbaik dalam pameran dan bursa kepariwisataan akan diberikan uang pembinaan, sampai dengan adanya Festival Tari Tradisional Jatim.  [rac]

Tags: