Ajak Masyarakat Kawal Pemilu

Didik Prasetiyono

Didik Prasetiyono
Tanggal 14 Februari selama ini dikenal dengan hari kasih sayang. Namun pada 14 Februari 2024 ini, tak hanya kasih sayang tapi juga hari kasih suara. Sebab pada tanggal itu seluruh rakyat Indonesia akan memberikan hak suaranya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Pada pemilu kali ini, masyarakat akan memberikan suaranya untuk memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPD RI, DPR RI, DPRD provinsi dan kabupaten/kota.

Agar pelaksanaan Pemilu 2024 ini berlangsung jujur dan adil (jurdil), Direktur Utama PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER), Didik Prasetiyono, mengajak masyarakat untuk ikut mengawal pelaksanaan pemilu agar berlangsung jurdil.

Melalui laman media sosial (medsos) Instagram, Didik mengajak pemilih untuk mengawasi pemilu dengan berbekal gawai. Yakni dengan membuka website Kawalpemilu.org, dan mengunggah foto lembar C hasil pleno yang ada di TPS (tempat pemungutan suara).

“Masyarakat jangan takut untuk memotret lembar C hasil pleno. Sebab masyarakat diperbolehkan untuk memotret sesuai peraturan PKPU Nomor 25 Tahun 2023 Pasal 59,” jelas mantan komisioner KPU (Komisi Pemilihan Umum) Provinsi Jatim ini, saat dikonfirmasi, Minggu (11/4).

Sekadar informasi, situs Kawalpemilu.org ini hadir untuk mengawal proses penghitungan suara Pilpres 2024. Ini adalah laman unggahan foto C.Hasil-PPWP atau C.Hasil Salinan-PPWP yang bisa diakses khalayak masyarakat selama masa Pemilu.

Dikutip dari situs resminya, Kawalpemilu.org adalah inisiatif urun-daya (crowdsourcing) netizen Indonesia Pro Data yang berdiri sejak 2014, untuk menjaga suara rakyat di pemilu melalui teknologi real count cepat dan akurat.

Kawalpemilu.org bertujuan memfasilitasi partisipasi seluruh lapisan masyarakat untuk mengawal pelaksanaan dan penghitungan hasil pemilu disetiap TPS se-Indonesia, melalui teknologi yang mudah dan andal. Nantinya, hasil tersebut akan ditampilkan secara real time sehingga memudahkan masyarakat memantau perhitungan suara.

“Dengan ikut memasukkan hasil coblosan Pemilu 2024, masyarakat telah ikut membantu proses demokrasi di Indonesia, agar berjalan dengan jujur dan adil. Selain itu, pemilu jurdil juga akan baik untuk iklim investasi dan kestabilan ekonomi ke depan,” kata aktivis 98 dari Universitas Airlangga (Unair) ini. [iib]

Rate this article!
Tags: