Ajak Siswa Jadi Creator Game

Ketua Tim Abdimas, M Suryawinata mendampingi siswa SDN Petak dalam pelatihan pembuatan game sederhana.

Cegah Anak dari Kecanduan Gadget
Surabaya, Bhirawa
Penggunaan smartphone di kalangan anak semakin banyak. Bahkan tak sedikit dari mereka kecanduan dengan gawai atau gadget yang di miliki. Maka sebagai salah satu solusi untuk mencegahnya, Tim Pengabdian Masyarakat (Abdimas) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) bersama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) mengajak siswa SD untuk menjadi creator games.
Tepatnya di SDN Petak, Desa Petak, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Dalam kegiatan Aku Generasi Kreator ini, para siswa diajarkan untuk membuat game sederhana yang berkaitan dengan kegiatan sehari – hari.
Dosen Teknik Informatika Umsida sekaligus Ketua Tim Abdimas, Mohammad Suryawinata menuturkan, selama sehari siswa diajarkan membuat aplikasi android sederhana berupa game edukasi. Yaitu berupa game tebak kata yang berhubungan dengan materi pembelajaran. Misalnya nama – nama planet, suku di Indonesia, nama pahlawan dan sebagainya
“Kami berharap dengan adanya pelatihan ini siswa tidak hanya menjadi konsumen tapi juga produsen teknologi,” ungkap dia.
Proses pembuatan aplikasi sendiri, kata Suryawinata, dimulai dengan pembuatan konsep aplikasi yang berisi kata – kata untuk dimasukkan ke dalam game. Masing-masing siswa membuat satu kategori dengan lima kata. Selanjutnya kata – kata itu dimasukkan dalam program untuk membuat Aplikasi Game Tebak Kata.
“Pelatihan ini sebagai cara untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi era digital dan revolusi industri 4.0. Apalagi dari hasil diskusi kami guru di SD ini khawatir karena penggunaan gawai yang sudah mengarah pada candu,” papar dia.
Salah satu siswa SDN Petak, Steven terlihat antusias dalam kegiatan ini. Hal itu terlihat saat teman – temannya hanya membuat lima kata dalam satu kategori game, ia bersama timnya bersemangat membuat 10 kata untuk tiap kategori game. ”Pelatihan ini seru. Asik juga karena aku jadi bisa membuat game,” katanya.
Selain pelatihan game untuk mengatasi kecanduhan gadget pada siswa, Tim abdimas Umsida juga melakukan pendampingan psikologi bagi orangtua.

Tanamkan Kendali Diri pada Anak
Sementara itu, Kepala Program Studi Umsida, Widyastuti MPsi Psikolog, dalam mengontrol penggunaan gadget orang tua harus membiasakan anak untuk memiliki kendali diri. Yakni kemampuan untuk mengekspresikan perasaan dalam bentuk perkataan dan perilaku yang tepat. Sekalipun situasinya kurang menyenangkan.
“Anak-anak yang sudah pernah mengakses internet via gadget sudah mendapatkan manfaat dan kesenangan dengan akses tentu akan menunjukkan sikap yang kurang bisa diterima,” jelasnya.
Maka pembiasaan untuk menguatkan kendali diri pada anak perlu dilakukan orangtua dengan memberikan mereka izin, sepakat akan durasi penggunaan gawai, mendorong anak bermain keluar dan terlibat dalam mengakses gadget.
“Konsistensi orangtua dalam membiasakan diri anak adalah kunci keberhasilan penguatan,” tandasnya. [ina]

Rate this article!
Ajak Siswa Jadi Creator Game,4.89 / 5 ( 9votes )
Tags: