Akhir Januari, Susi Air Dipastikan Layani Jalur Sumenep-Surabaya

Foto: ilustrasi

Foto: ilustrasi

Sumenep, Bhirawa
Jalur perintis yang melewati Bandara Trunojoyo Sumenep-Bandara Juanda Surabaya dan Bawean Gresik dipastikan akan beroperasi akhir Januari 2015 ini.
Kepala Bidang Perhubungan Laut dan Udara, Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep  M Choyroni Argoto menyampaikan, Susi Air akan melayani jalur penerbangan perintis di Bandara Trunojoyo Sumenep-Surabaya-Bawean Gresik. Rencananya  penerbangan perdana akan dilakukan pada akhir Januari ini.
“Pesawat yang akan digunakan berkapasitas 12 penumpang. Pesawat ini disesuaikan dengan kondisi Bandara di Bawean yang panjang runway-nya masih kurang, kalau di Sumenep sebenarnya sudah siap dari pesawat yang berkapasitas lebih dari itu,” kata Argoto kepada wartawan, Rabu (7/1).
Argoto menerangkan, harga tiket di jalur perintis itu dipastikan seharga Rp 150 ribu per penumpang, baik dari Sumenep ke Surabaya maupun dari Sumenep ke Bawean Gresik. “Harga tiketnya dari Sumenep-Surabaya dan Sumenep-Bawean sama yakni Rp 150 ribu per penumpang,” ujarnya.
Dia berharap, kepastian beroperasinya pesawat di jalur perintis yang melintasi Bandara Trunojoyo ini tidak mundur lagi. Sebab pihaknya mengaku sudah melakukan penandatanganan kerjasama (MoU) dengan maskapai milik Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ini.
Menurut Argoto, sesuai usulan jalur keperintisan ada tiga jalur yakni Sumenep-Surabaya, Sumenep-Bawean dan Sumenep-Kangean, tapi untuk di Kangean hingga saat ini bandaranya masih belum selesai sehingga harus ditunda hingga selesai. “Untuk ke Kepulauan Kangean sementara ini ditunda dulu, tapi kalau sudah selesai langsung ada penerbangan kesana,” tuturnya.
Bandara Trunojoyo saat ini memiliki panjang runway 1.160 meter dan diupayakan akan diperpanjang lagi hingga 1.400 meter. Pemerintah setempat sudah melakukan pembebasan lahan  pada tahun anggaran 2014 seluas 8,5 hektare dengan anggaran ganti rugi sebesar Rp 9,6 miliar untuk perpanjangan runway dan fasilitas pendukung lainnya. “Sedangkan fasilitas lain seperti tempat parkir dan fasilitas pendukung lainnya sudah siap, tinggal menunggu pesawat Susi Air,” imbuhnya. [sul]

Tags: