Akhir Tahun, tiket.com Catat Volume Transaksi Sensasional Pasca OTW LOKAL

Co-Founder & Chief Marketing Officer https://m.tiket.com/, Gaery Undarsa

Surabaya, Bhirawa
https://m.tiket.com/ sukses menggelar OTW LOKAL bagian upaya menghadirkan serangkaian program promosi inovatif guna dorong angka transaksi industri pariwisata pada Q4 2020.

Terbukti dengan volume transaksi di bulan November untuk pemesanan hotel dengan tujuan utama, Bali dan Yogyakarta, yang mencapai angka tertinggi di tahun 2020 serta transaksi pembelian tiket penerbangan untuk rute favorit, yang meningkat 8 kali lipat bila dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Dalam acara virtual akhir tahun, Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com, Gaery Undarsa mengungkapkan rangkaian prestasi yang diukir pada Q4, yaitu per November 2020, tingkat pemulihan okupansi sektor perhotelan meningkat 67 persen dan transaksi harian pemesanan tiket pesawat pun terbang setinggi 56 persen dibandingkan dengan data Q3 2020.

“Prestasi ini mengukuhkan peran tiket.com sebagai pioneer OTA Indonesia yang siap menjadi yang pertama membantu pemerintah membangkitkan pariwisata nasional dan menggerakan ekonomi nasional, membantu sodara-sodara kita yang bekerja di sektor dan sub-sektor pariwisata untuk kembali tersenyum dan berjaya seperti sebelumnya,” terangnya, Kamis (24/12).

Tren ini pun dirasakan oleh I Ketut Alam Wangsawijaya, EVP Transaction Banking Business Development, PT Bank Central Asia Tbk menjelaskan lebih lanjut,

“Secara menyeluruh, pada Q4, kami melihat bahwa pembelanjaan kategori travel mengalami peningkatan dibandingkan kuartal sebelumnya. Travel memang sudah menjadi kebutuhan masyarakat termasuk nasabah BCA, namun demikian dalam kondisi pandemi diharapkan masyarakat maupun pelaku industri diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik, sehingga tetap aman dan nyaman,” tambah Ketut.

Di bulan November, permintaan pemesanan hotel di berbagai destinasi wisata, seperti Bali dan Yogyakarta, berhasil memecahkan rekor transaksi bulanan tertinggi sepanjang tahun 2020, hingga melonjaknya transaksi harian pemesanan hotel yang mencapai 118 persen bila dibandingkan seminggu sebelum periode OTW LOKAL.

Mayoritas transaksi pemesanan hotel diperuntukkan untuk menginap pada awal Desember (74 persen), liburan akhir tahun hingga pertengahan Januari (20 persen), sisanya untuk sepanjang 2021. Hotel-hotel terpopuler terletak di kota-kota wisata favorit, seperti Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta.

OTW LOKAL berikan kontribusi 8 kali lipat untuk pembelian tiket pesawat bila dibandingkan dengan total transaksi keseluruhan pembelian tiket pesawat pada bulan-bulan sebelumnya. Ini menujukkan pemulihan dalam industri penerbangan dan perjalanan bila dibandingkan pada kuartal sebelumnya.

Transaksi harian pembelian tiket pesawat pun naik tajam hingga 60% dibandingkan seminggu sebelum ajang OTW LOKAL berlangsung. Sebanyak 79% tiket pesawat yang dipesan itu untuk liburan awal Desember untuk penerbangan ke TOP 5 destinasi wisata, yaitu: Surabaya, Medan, Bali, Makassar, dan Yogyakarta. Lalu, 20 persen dari porsi total tiket pesawat yang terjual pada ajang OTW LOKAL kemarin, dibeli oleh masyarakat untuk liburan perayaan tahun baru yang diteruskan hingga pertengahan Januari 2021.

Transaksi fitur Tiket To Do dari pelanggan selama OTW LOKAL melompat 172% atau hampir dua kali lipat dibandingkan dengan pelanggan seminggu sebelum OTW LOKAL. Berdasarkan periode liburan, 97 persen pelanggan membeli tiket wisata aktifitas untuk awal Desember 2020 dan sisanya untuk liburan tahun baru hingga pertengahan Januari 2021.

TOP 5 kota destinasi dengan obyek wisata populer dalam fitur Tiket To Do adalah Jakarta & Banten, Jawa Barat, Sumatera, Bali, dan Jawa Timur.
Sebesar 77 persen dari keseluruhan transaksi OTW LOKAL dibeli oleh pelanggan untuk berlibur pada awal Desember, kemudian sebesar 19 persen memilih berlibur tahun baru hingga pertengahan Januari 2021, dan sisanya memutuskan melakukan perjalanan setelah Januari 2021.

Utamakan Keamanan dan Kesehatan Pelanggan: Gratis Test Swab Antigen dan Asuransi Perjalanan. Sebagai OTA yang customer-centric, tiket.com memiliki misi untuk membuat perjalanan terasa mudah dengan menghadirkan rangkaian fitur dan program guna memprioritaskan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan pelanggan.

“tiket.com berkomitmen penuh untuk menjadi yang pertama untuk bahu membahu memulihkan industri pariwisata Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19 dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dan kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk menekan penyebaran virus,” ujar Gaery.

Di Tahun 2021 menandai sebuah momentum historik dalam sejarah tiket.com, yaitu perayaan usia ke-10. Berdasarkan rencana kerja 2021, tiket.com akan berupaya untuk menjadi yang pertama dalam mendorong jajaran kampanye dan berbagai aktivitas sebagai bagian dari misi pemulihan industri pariwisata Indonesia.

Setelah travel ban diangkat, serangkaian upaya strategis telah dicanangkan guna menggenjot arus turis domestik dan mancanegara ke berbagai destinasi wisata di Indonesia agar dapat bangkit dan berjaya seperti dulu. [riq]

Tags: