Akhirnya Pemkab Blitar dan Pemkot Blitar Terima Vaksin Sinovac

Tampak Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar, dr. Muhammad Muchlis saat menerima 1.240 Vaksin Sinovac dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang langsung disimpan di gudang penyimpanaan Dinkes Kota Blitar, Selasa (26/1). [Hartono/Bhirawa]

Pemkab Blitar, Bhirawa
Setelah ditunggu-tunggu, akhirnya Vaksin Sinovac diterimakan kepada Pemerintah Kabupaten Blitar sebanyak 3.000 Vaksin dan Pemerintah Kota Blitar sebanyak 1.240 vaksin, Selasa (26/1).

Kepala UPTD Instalasi Farmasi, Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Sugiyono mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur mulai mendistribusikan Vaksin Sinovac ke setiap daerah Kabupaten/Kota, dimana Kabupaten Blitar menjadi salah satu Kabupaten yang menerima vaksin tersebut yang telah diterima Selasa (26/1).

“Hari ini (kemarin red) telah kami terima Vaksin Sinovac dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur,” kata Sugiyono. Lanjut Sugiyono, jumlah Vaksin Sinovac yang diterima Kabupaten Blitar ada 3.000 unit, dan sementara waktu vaksin diletakkan ke lemari pendingin yang sudah disediakan khusus.

“Selanjutnya petugas akan melakukan pendataan ulang terkait penerima pertama nantinya,” jelasnya. Selain itu dikatakan Sugiyono sesuai informasi, Vaksin Sinovac akan diberikan dan didistribusikan kepada tenaga medis yang ada di Kabupaten Blitar termasuk di Puskesmas.

“Selain tenaga medis yang menerima vaksin, juga dari tenaga rumah sakit, Pemerintahan dan swasta nantinya. Namun berdasarkan instruksi vaksin sinovac tahap awal ini diperuntukkan oleh tenaga medis yang menjadi garda terdepan melawan kolonial korona,” imbuhnya.

Sementara untuk Pemerintah Kota Blitar, Dinas Kesehatan Kota Blitar juga telah menerima 1.240 vaksin yang langsung disimpan di gudang penyimpanaan Dinkes Kota Blitar.

“Direncanakan untuk Tenaga Kesehatan yang akan menerima vaksin sebanyak 2.345 orang, sedangkan kekuranganya kedepan akan kita ajukan kembali dari total vaksin yang kami terima saat ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar, dr. Muhammad Muchlis.

Tambah dr. Muhammad Muchlis, direncanakan pemberian vaksin akan dilaksanakan dan diawali pada hari Sabtu (30/1) besok kepada 10 orang Pejabat jajaran Pemkot Blitar yang selanjutnya akan diberikan kepada para penerima lainnya dengan menyiapkan 95 orang vaksinator.

“Pemberian vaksin secara teknis akan dilaksanakan oleh Rumah Sakit Negeri dan Swasta serta Puskesmas yang ada di Kota Blitar yang juga akan dilakukan pengawalan dari pihak Kepolisian,” terangnya. [htn]

Tags: