Akselerasi Pemerataan Ekonomi di Jatim, Tokopedia Hadirkan Inisiatif Lokal

External Communications Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya saat menjelaskan akselerasi pemerataan ekonomi daerah di Jatim di Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya, Selasa (3/12). [Achmad tauriq/bhirawa]

Surabaya, Bhirawa
Sebagai perusahaan teknologi yang terus bertransformasi menjadi Super Ecosystem, Tokopedia telah mengakselerasi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia. Bahkan selama 10 tahun, dampak pemerataan ekonomi digital ini bisa dirasakan langsung oleh seluruh lapisan masyarakat dari Sabang sampai Merauke.
External Communications Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengungkapkan pihaknya berkomitmen menggerakkan perekonomian dalam negeri, maka Indonesia akan terus menjadi fokus utama Tokopedia.
“Kami selalu berusaha relevan dengan kebutuhan masyarakat melalui berbagai inisiatif di tingkat lokal demi mempermudah seluruh masyarakat Indonesia, termasuk Surabaya, Jawa Timur, baik dalam menciptakan peluang maupun mencapai lebih. Di Jawa Timur, khususnya di Surabaya, Tokopedia menghadirkan beberapa inisiatif lokal seperti Tokopedia Center, Mitra Tokopedia dan Tokopedia Corner,” terangnya usai Media Briefing di Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya, Selasa (3/12).
Ekhel Chandra menambahkan sejak diluncurkan pada September 2018, Tokopedia Center telah hadir di 23 daerah di Indonesia. Tokopedia Center merupakan experience center yang menghadirkan pengalaman berbelanja secara O2O sekaligus berperan sebagai pusat edukasi digital yang membantu para pegiat UMKM mengembangkan usaha mereka bersama Tokopedia.
“Diharapkan Tokopedia Center dapat membantu masyarakat, untuk meningkatkan daya saing bisnis di pasar nasional, mengingat para pegiat UMKM merupakan penyumbang lebih dari 60 persen terhadap perekonomian Indonesia,” ujarnya.
Sementara itu inisiatif lokal lainnya adalah Mitra Tokopedia, yang kini telah berevolusi menjadi sebuah ekosistem untuk mempermudah pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya, dalam mengembangkan bisnis melalui pemanfaatan teknologi. “Lewat Mitra Tokopedia, kami berharap warung-warung di Indonesia bisa menjadi ‘warung super’ dan ikut berkontribusi terhadap ekonomi digital di Indonesia, khususnya kali ini di Surabaya, Jawa Timur,” kata Ekhel.[riq]

Tags: