Akses Kawasan Industri Jabon Sidoarjo Harus Prioritaskan Jalan Beton

Damroni Chudori.

Sidoarjo, Bhirawa.
Jalan akses menuju kawasan industri Jabon dan kawasan wisata Tlocor harus menjadi prioritas untuk dibuatkan jalan beton dengan ketebalan 60 cm.

Anggota Fraksi PKB Sidoarjo, Damroni Chudori, kamis (28/1) sore mengatakan, jalan beton memang perlu tapi tidak semua jalan dibikin beton. Harus ada skala prioritas jalan mana saja yang harus dibeton. Paling tidak prioritas itu diberikan pada akses jalan menuju kawasan industri semisal di Jabon itu.

Untuk membangun jalan beton butuh teknologi yang ketat. Kalau membangun jalan beton di jalan yang lalin padat akan lebih sulit. Tetapi kalau membangun jalan beton di akses menuju KI ( Kawasan industri) Jabon akan lebih mudah karena jalan menuju ke sana relatif masih sepi.

Kenapa kawasan industri harus dibetonisasi karena akan banyak truk dan kendaraan besar lain yang akan lewat sehingga butuh jalan beton yang bisa diandalkan untuk melayani kendaraan yang melebihi tonase. Infrastruktur jalan di KI harus dibeton. Bukan hanya Jabon saja, seluruh akses jalan menuju KI harus dibeton.

Ia menyarankan jalan desa atau akses antar desa tidak perlu dibeton. “Tidak semua jalan desa butuh beton. Dipilah dulu mana jalan yang mungkin tanahnya bergerak untuk dibeton.’ Ucapnya.

Pemkab Sidoarjo dalam tahun 2021 banyak membangun jalan beton di berbagai tempat. Sebenarnya program ini sudah ada tahun 2020. Namun karena ada covid sehingga anggaran yang sudah disiapkan harus di refokusing untuk covid.

Masuk tahun 2021, program jalan beton 2020 akan ditarik kembali untuk dikerjakan 2021. Jumlahnya cukup banyak. (hds)

Tags: