Akses Keluar-Masuk Stadion Wilis Terlalu Kecil, Pemkot Madiun Ganti Lebih Besar

Perhatian Pemerintah Kota Madiun untuk saluran terus berlanjut. Kali ini ada pelebaran saluran di kawasan Stadion Wilis Kota Madiun. Yaitu, saluran di sisi selatan stadion tengah dilakukan pembongkaran untuk diganti yang lebih lebar seperti foto diatas, Rabu (15/5).[sudarno/bhirawa].

Kota Madiun, Bhirawa
Perhatian Pemerintah Kota Madiun untuk saluran terus berlanjut. Kali ini ada pelebaran saluran di kawasan Stadion Wilis Kota Madiun. Yaitu, saluran di sisi selatan stadion tengah dilakukan pembongkaran untuk diganti yang lebih lebar.

”Itu masuk pekerjaan pemeliharaan jalan paket dua, gabung dengan pekerjaan pengaspalan. Kita lakukan penggantian gorong-gorong di dua titik akses keluar masuk di kawasan Stadion Wilis dan satu titik lagi yang lurusnya Jalan Parikesit,” kata Kabid Bina Marga DPUPR Kota Madiun, Agus Tri Sukamto, Selasa (14/5).

Agus menyebut saluran di tiga titik tersebut sebelumnya cukup kecil. Yakni, berdiamter sekitar 40 sampai 60 sentimeter. Tak heran, petugas sedikit kesulitan untuk pembersihan. Pun, kondisi saluran sudah ada kerusakan. Agus menyebut saluran bakal diganti dengan box culvert dengan lebar sekitar satu meter.

”Saluran yang lama buntu dan terlalu kecil. Jadi kalau mau dikeduk kita agak kesulitan. Kita besarkan biar orang bisa masuk untuk pembersihan atau pengedukan sedimennya,” jelasnya.

Pembenahan saluran juga difungsikan untuk melancarkan aliran dari Jalan Pendowo. Tujuannya biar air tidak ke utara dan langsung mengarah ke sungai yang berada di barat SDN Klegen 01 tersebut. Agus menyebut saluran di Kota Madiun memang menjadi perhatian tersendiri.

Tak heran, banyak pekerjaan terkait saluran. Termasuk pembersihan saluran lingkungan yang melibatkan masyarakat. Pemkot Madiun memberikan anggaran Rp 10 juta per RT untuk pembersihan saluran lingkungan tersebut.

”Intinya saluran itu penting. Tetapi masyarakat juga harus ikut menjaga. Jangan sampai saluran yang sudah baik sudah lebar, tetapi masih banyak yang buang sampah ke saluran,”katanya. [dar.gat]

Tags: