Aksi Kepala Desa Pojokrejo Jombang Bersihkan Eceng Gondok Viral Di Medsos

Aksi Kepala Desa Pojokrejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Nursan saat membersihkan eceng gondok dan sampah lainnya yang sempat viral di Medsos, Sabtu (04/01/2020).

Jombang, Bhirawa
Aksi seorang kepala desa dari salah satu desa di Kabupaten Jombang mendadak viral di Media Sosial (Medsos) di salah satu group Face Book (FB) saat membersihkan enceng gondok dan sampah lainnya untuk mengantisipasi banjir dan luapan air sungai di desanya, Sabtu (04/01/2020).
Kades Pojokrejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang yang diketahui bernama Nursan, Kepala Desa Pojokrejo ini rela menceburkan diri ke sungai bersama warganya untuk membersihkan sejumlah kotoran dan benda yang menyumbat aliran sungai yang melintas di desa setempat.
Aksi Kades Nursan ini kemudian viral di media sosial setelah diunggah oleh seorang pengguna Facebook bernama Agoenk Darmawan disebuah grup sosial pada tanggal 2 Januari 2020 kemarin. Sejak diunggah sekitar pukul 17.39 WIB, aksi Kades Nursan ini telah mendapat like lebih dari 1.200 dan sekitar 300 komentar.
Agoenk Darmawan dalam unggahannya menjelaskan bahwa Nursan tengah menceburkan diri ke dalam sungai saat memimpin warganya membersihkan benda-benda penyumbat aliran sungai yang menjadi penyebab utama banjir seperti enceng gondok, popok bayi dan sejumlah sampah rumah tangga lainya.
Agoenk Darmawan mengatakan, upaya ini sebagai langkah menyelematkan daerahnya dari ancaman banjir karena luapan sungai mengingat desanya merupakan kawasan DAS (Daerah Aliran Sungai). Hal ini juga karena keterbatasan peralatan yang dimiliki pihak desa setempat.
“Apa daya kami sebagai rakyat biasa hanya bisa mengalirkan saja untuk menyelamatkan jembatan penghubung antar desa dan persawahan yang mulai digenangi air luapan sungai,” kata dia.
Dalam unggahan lainnya ia juga menanyakan kepada pihak-pihak terkait apakah sanggup melakukan ‘aksi heroik’ serupa seperti yang dilakukan oleh Kades Nursan.
“Bagaimana dengan pihak yang terkait apakah sanggup berbasah basahan dan bertaruh nyawa seperti lurah kami dan penduduk Dusun Gongseng Desa Pojokrejo?
semoga ada perubahan untuk kedepannya,” tambahnya.
Pujian dari netizen pun langsung membanjiri kolom komentar dibawahnya. Tak sedikit netizen juga memberikan komentar mendoakan kesehatan kades tersebut hingga memberikan komentar bahwa aksi Kades Nursan patut diberikan apresiasi.
“Suri teladan yg baik, jarang2 kepala desa Da yg mau berkotor2 kyk gitu..semoga sehat sll pak..semoga jd inspirasi dan motivasi bnyk kepala desa yg lain,” kata Rahma, dikolom komentar.
“Kades hebat,” ujar Wanda, netizen lainnya.
Meski demikian, hingga berita ini ditulis, kebenaran unggahan ini belum terkonfirmasi kepada Kades Pojokrejo, Kesamben, Nursan.(rif)

Tags: