Almisbat Deklarasikan Jokowi Presiden RI 2014-2019

Surabaya, Bhirawa
Puluhan massa dari Aliansi Masyarakat Sipil untuk Indonesia Hebat (Almisbat) Surabaya melakukan deklarasi dukungan atas calon Presiden RI 2014-2019 Joko Widodo (Jokowi). Deklarasi dilakukan oleh 10 orang veteran aktivis 98 di depan Gedung Negara Grahadi, Rabu (7/5).
Kordinator lapangan, Agus Purnomo mengatakan, dalam konteks inilah kami membulatkan tekad  untuk mendukung Jokowi sebagai sosok yang dipercaya. Jokowi memiliki potensi paling besar sebagai nahkoda yang dapat membawa Indonesia melewati berbagai tantangan di dalam dan luar negeri untuk menjadi bangsa yang besar.
“Kami bulatkan tekad mendukung Jokowi sebagai sosok yang dipercaya dapat membawa Indonesia melewati berbagai tantangan ke depan, karena Jokowi masih bisa berkawan pada masyarakat kecil, masih bisa blusukan misalnya ke sampah-sampah sama seperti Wali Kota Surabaya,” kata Agus Bogang sapaan akrabnya.
Menurut Agus, pihaknya mendukung Jokowi sebagai presiden periode 2014-2019, karena dari semua bakal capres yang muncul saat ini, hanya Gubernur DKI Jakarta inilah satu-satunya generasi baru yang tidak terkait dengan Orde Baru (Orba).
” Selain itu, dia (Jokowi) mau bekerja keras untuk rakyat, dan dukungan kami pada Jokowi tidak hanya sebatas jadi Presiden melainkan sampai Jokowi tidak lagi menjabat Presiden,” tegasnya, disela-sela deklarasi.
Meski demikian, belajar dari pengalaman berdemokrasi di berbagai dunia, Almisbat meyakini bahwa demokrasi yang sehat tidak dapat sepenuhnya bergantung pada seorang figur pemimpin. Masih dibutuhkan kelompok-kelompok masyarakat yang kritis dan memiliki komitmen yang sama dengan pemimpinnya.
“Atas dasar pemikiran itulah, kami gabungan berbagai kelompok masyarakat dengan beragam latar belakang suku, agama, etnis dan profesi membentuk aliansi ini untuk mendukung Capres Jokowi,” pungkasnya.
Karena itulah, tambah Agus Bogang, Almisbat akan ikut mendorong Jokowi dan memenangkannya sebagai Presiden RI ke tujuh. ” Kemenangan Jokowi, dalam hemat kami, akan memberikan ruang bagi masyarakat sipil untuk dapat berpartisipasi aktif dan berkontribusi positif dalam proses pembangunan bangsa di masa-masa mendatang yang penuh tantangan, baik dalam konteks global maupun domestic,” serunya. [geh]

Tags: