Amankan Pemilu, Polres Sumenep Geser Pasukan

Apel pasukan sebelum pergeseran dalam rangka pengamanan pemilu 2024.

Sumenep, Bhirawa.
Kepolisian Resor (Polres) Sumenep melakukan penggeseran pasukan ke sejumlah daerah, baik daratan maupun kepulauan. Pergeseran pasukan pengamanan pemilihan umum (Pemilu) itu ditandai dengan apel pasukan yang dipimpin langsung oleh Kapolres setempat, AKBP Henri Noveri Santoso.

Pergeseran pasukan dalam rangka Pemilihan Umum Tahun 2024 di Kabupaten Sumenep terbagi dalam 2 wilayah yaitu daratan dan kepulauan.

Untuk wilayah kepulauan serpas menyesuaikan jadwal kapal laut. Kepulauan Masalembu berangkat Hari Sabtu (03/02) menggunakan KM. Sabuk Nusantara 92.

Untuk kepulauan Sapudi, Nunggunong dan Ra’as juga berangkat dihari yang sama dengan menggunakan kapal Dharma Kartika dan untuk kepulauan Kangean, Kangayan dan Sapeken pada hari Minggu (17/02) menggunakan kapal KM Sabuk Nusantara 92 dan untuk daratan dilaksanakan pada hari Minggu (11/02) pukul 15.00 WIB.

“Untuk wilayah daratan, diberangkatkan hari ini (kemarin, red). Untuk wilayah kepulauan disesuaikan dengan jadwal kapal,” kata Kapolres Henri, Minggu (17/02/2024).

Sebelum diberangkatkan, Kapolres Sumenep mengingatkan kepada seluruh personel untuk segera mengenali lingkungan, perangkat desa, toga/tomas dan KPPS serta tempat lokasi TPS berada.

Laksanakan pengamanan dan kawal kotak surat suara bersama-sama aparat lainnya termasuk KPPS dari tempat penyimpanan atau desa menuju dusun tempat lokasi TPS berada dan sekembalinya, serta memastikan kotak surat tersebut dalam kondisi aman.

“Perlu diingat jika terjadi hal menonjol segera laporkan kepada padal secara berjenjang kepada padal wilayah/Kapolsek untuk diteruskan kepada Kabagops dan Kapolres serta pimpinan satuan atas,” jelasnya

Ia juga meminta, agar petugas yang diterjunkan untuk melaksanakan tugas dengan penuh semangat, disiplin, tulus dan ikhlas sehingga pelaksanaan pengamanan tidak hanya berjalan dengan tertib, aman dan terkendali namun juga akan bernilai ibadah dihadapan ALLAH SWT, Tuhan Yang Maha Esa. [sul.dre]

Tags: