Ambil Keputusan Cukup Lewat Teleconference

TeleconferenceGresik,Bhirawa
Pemkab Gresik  melalui  bagian PDTI mengadakan bimbingan teknis implementasi video  teleconference. Bimbingan yang menghadirkan nara suber dari Telkom itu  diikuti seluruh operator TIK se Kabupaten Gresik, bertempat di Ruang Graetha Eka Praja, Selasa (2/12).
Kepala Bagian PDTI Rini.S melalui Kabag Humas Pemkab Gresik Suyono menjelaskan, saat ini memang sudah saatnya  memanfaatkan tehnologi informatika, yaitu video teleconference.  Beberaapa hari lalu lanjut Rini,  Presiden RI Joko widodo juga menggunakan video teleconference dengan TKI di 8 negara.”Atas dasar itu,  Kab Gresik yang memiliki 356 desa/kelurahan, serta wilayah kepulauan  tentunya sangat  mempunyai manfaat  besar jika tehnologi teleconference ini bisa diterapkan di Gresik.” kata Rini.
Saat ini tambah Rini,  Pemkab menggunakan perangkat lunak. Umettme yaitu layanan konference video dan kolaborasi yang mudah, berkwalitas tinggi, kaya fitur dan hemat bandwidth, dapat digunakan kapan saja dengan berbagai media secara realtime, dan tidak membutuhkan tempat khusus.
Diharapkan dengan bimbingan teknis ini, seluruh operator SKPD se Kab Gresik, bisa meng aplikasikan di kantornya, bagi pimpinan SKPD tidak perlu jauh-jauh jika ada pertemuan.  Dengan video-conference pimpinan SKPD dapat melakukan pertemuan-pertemuan penting dengan biaya yang lebih murah dan waktu yang lebih hemat dibandingkan harus melakukan perjalanan di daerah.”, Jadi cukup dengan teleconference para pimpinan dalam mengambil keputusan.” Jelas Rini.
Ditambahkan Rini, dalam  era kompetisi seperti saat ini  kecepatan dan ketepatan  mengambil keputusan sangat menentukan. Untuk  institusi yang memiliki satuan kerja terpisah-pisah, kendala utama dalam mengambil  keputusan adalah masalah jarak dan waktu.
Bahkan, sangat  sering para pimpinan melakukan perjalanan yang cukup jauh untuk sekedar menghadiri rapat yang mungkin hanya berlangsung dalam hitungan jam. Begitu juga  dengan  program temu atau tilik warga yang dilakukan Pemkab Gresik. Karena kondisi alamnya cukup sulit untuk dilalui kendaraan tidak harus datang ke warga. Tapi, cukup menggunakan teleconference. [eri]

Tags: