Amelia Tjandra: Penjualan Ritel Daihatsu Capai 17,8 Persen

Salah satu produk Daihatsu

Surabaya, Bhirawa
Daihatsu kembali meng-update pencapaian penjualannya. Tercatat pada periode Januari – April 2019, total angka retail sales Daihatsu yang mencapai 60.706 unit, dan whole sales sebesar 66.825 unit.
Terkait pasar otomotif, penjualan retail sales nasional hingga April 2019 mencapai 340.118 unit, turun sekitar 11,8% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Tidak berbeda, untuk whole sales nasional berada di angka 337.321 unit, turun sekitar 14,4% dibanding periode yang sama tahun lalu.
Penjualan retail Daihatsu juga mengalami penurunan sebesar 6,4%, dan 5,2% untuk whole sales. Namun, penurunan ini masih lebih kecil dibandingkan dengan penurunan pasar, sehingga secara pangsa pasar (market share) Daihatsu mengalami kenaikan menjadi 17,8% untuk retail sales, dan 19,8% untuk whole sales.
Pada penjualan retail sales Daihatsu masih didominasi Sigra dengan torehan 16.860 unit (27%), diikuti oleh Gran Max (PU) 12.065 unit (19,9%). Untuk penjualan Xenia, Terios, dan Ayla berada di kisaran angka lebih dari 8.000 unit dengan kontribusi sekitar 13 – 14%.
“Walaupun penjualan Daihatsu turun sedikit tahun ini, Kami masih bersyukur karena penurunan kami masih lebih baik dibanding penurunan pasar. Kami mengucapkan terima kasih kepada pelanggan yang telah memilih Daihatsu sebagai kendaraan mereka,”Ungkap Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).(ma)

Tags: