Anak Jalanan Kabur Jebol Plafon Dinas Sosial

Petugas Dinas Sosial menunjukkan tembok yang dibobol anak jalanan. [ali/bhirawa]

Petugas Dinas Sosial menunjukkan tembok yang dibobol anak jalanan. [ali/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Atap ruangan untuk mengurung anak jalanan (Anjal) yang ada di Dinas Sosial Tenaga Kerja kini mulai dicor beton. Karena sebelumnya ada empat anak jalanan telah menjebol atap ruangan untuk dipakai kabur.
”Mereka yang kabur itu belum tertangkap lagi,” kata Yudi, staf Bidang Bina Social Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Dinsosnaker Sidoarjo, Kamis ( 3/4) kemarin.
Mereka, kata Yudi, berusia 16 tahun hingga 17 tahun. Tadinya mereka sempat dikurung hanya tiga hari. Namun karena tertangkap lagi oleh petugas, mereka akhirnya dikurung lagi hingga sepekan atau tujuh hari. Tapi baru berjalan dua hari mereka berusaha kabur.
Selain menjebol atap plafon ruangan dan tembok ruangan, kata Yudi, juga sempat dibobol anak jalanan. Kondisi tembok telah ditambal kembali tapi tak dicor, untuk membobol tembok perlu waktu agak lama. ”Kalau plafon lebih gampang dibobol untuk dipakai kabur, karena terbuat dari kayu, makanya kini dicor,” kata Yudi.
Dalam hitungan Yudi, jumlah anak-anak jalanan yang kabur hingga tahun 2014 ini diperkirakan ada sebanyak 15 orang anak. Selama berada dalam kurungan, para anak jalanan ini diberikan bimbingan mental dan rohani, agar tidak kembali menjadi anak liar dan anak jalanan.
Kini jumlah anak jalanan yang tersisa di Liponsos Dinas Sosial Sidoarjo hanya tinggal satu orang. Lainnya sudah keluar, karena sudah diambil kembali oleh keluarganya. Ada yang dari Jakarta, Semarang, Yogjakarta, Situbondo dan Sidoarjo sendiri. Mereka tadinya ditangkapĀ  petugas dari Pol PP dan Kepolisian, saat nongkrong, ngamen, minta-minta kepada pengguna jalan ketika berada di dalam kota Sidoarjo.
Satu orang anak jalanan yang kini tersisa, kata Yudi, keberadaannya tak dikurung, sebab usianya masih anak-anak, yakni dibawah 12 tahun. Saat ini Dinas Social Sidoarjo terus koordinasi dengan Dinas Sosial Bekasi, untuk menemukan keluarga anak itu. [ali]

Tags: