Analisis Kebijakan PSBB

Agung Wintoro

Agung Wintoro
Setelah Kabupaten Situbondo ditetapkan sebagai salah satu zona merah sebaran virus corona atau Covid-19 di Jatim, jajaran Pemkab Situbondo langsung membentuk satgas penanganan dan pencegahan virus corona.
Satu diantaranya yang masuk sebagai juru bicara satgas tersebut adalah Agung Wintoro. Pria yang sehari hari menjabat sebagai Kabag Humas dan Protokol Pemkab Situbondo itu didapuk Bupati Situbondo Dadang Wigiarto sebagai jubir bersama Kadis Kominfo dan Persandian serta Kadis Kesehatan.
Untuk mencegah virus tidak meluas, kata Agung, Pemkab Situbondo kini bersama 3 pilar melakukan pembatasan akses keluar masuk desa/kelurahan dengan sistem keamanan lingkungan (siskamling) selama 24 jam. Selain itu, imbuh Agung, Pemkab juga melakukan pencatatan tamu serta membubarkan kerumunan banyak orang. “Bersama 3 pilar dan tenaga kesehatan di desa kami (Pemkab Situbondo) melakukan pemantauan perkembangan ODP, PDP dan isolasi mandiri,” beber mantan Camat Kapongan itu.
Menurut alumnus STPDN Jatinangor Sumedang itu, Pemkab kini juga menyediakan rumah singgah dan melakukan social safety net.
Sementara terkait dengan kabar Situbondo melakukan lockdown (karantina terbatas), jelas Agung, Situbondo tidak memberlakukan kebijakan lockdown. “Ini karena merupakan kewenangan pemerintah pusat. Namun Situbondo masih menganalisi soal aturan tentang PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar),” tutur mantan Kasatpol PP Pemkab Situbondo itu.
Untuk bisa menjadi kawasan PSBB, lanjut Agung, tiap daerah harus mendapatkan rekomendasi dari Menteri Kesehatan (Menkes) RI. Dalam kebijakan itu, urai Agung, tiap daerah di sesuaikan dengan kriteria berapa jumlah kasus dan berapa jumlah peningkatan kematian suatu daerah.
Selain itu, ungkap Agung, setiap daerah bisa masuk katagori PSBB, jika memiliki keterkaitan epidemologi dengan kejadian serupa di wilayah lain. “Soal ini (PSBB, red) Kabupaten Situbondo sekarang masih dianalisis,” pungkas mantan Sekretaris DPMD Kabupaten Situbondo itu. [awi]

Rate this article!
Analisis Kebijakan PSBB,5 / 5 ( 1votes )
Tags: