Anggaran Jalan Kabupaten Sebesar Rp206,4 M

Saputro

Saputro

Gresik, Bhirawa
Pemkab Gresik sangat serius menyediakan infrastruktur sesuai tuntutan masyarakat. Keseriusan itu ditandai dengan kenaikan anggaran untuk program belanja modal konstruksi jalan dan jembatan yang pada  2013 sebesar Rp122,58 miliar, namun tahun anggaran 2014 mengalami kenaikan 59,37 persen atau menjadi Rp206,44 miliar.
Pernyataan ini disampaikan Kepala BKD Gresik, Saputro saat mewakili Bupati Gresik dalam memberikan sambutan pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Pengamat Jalan dan Jembatan Pemkab Gresik yang berlangsung di Hotel Saptanawa Selasa, (15/4) kemarin.
Menurut Saputro, total panjang jalan di Kab Gresik mencapai 626,01 km. Rinciannya,¬† jalan negara 67,37 km, jalan provinsi 46,48 km dan jalan kabupaten 512,16 km. ”Namun dari jumlah itu tak semuanya jalan yang ada itu baik, dari jumlah itu 21,33% diantaranya dalam kondisi rusak berat,” katanya didepan 40 orang peserta Diklat.
Beberapa faktor kerusakan jalan yang terjadi di Kab Gresik, menurut Saputro, banyak diakibatkan karena kondisi drainase permukaan jalan. Mutu pelaksanaan konstruksi pembangunan jalan yang kurang bagus, adanya kelebihan beban pemakai jalan serta peningkatan kuatitas pengguna jalan.
”Maka Diklat ini diadakan agar anda mendapat bekal pengetahuan keterampilan, wawasan serta kemampuan untuk aparatur yang menangani bidang jalan dan jembatan,” jelasnya..
Kepala Badan Diklat Pekerjaan Umum Wilayah IV Surabaya, Ir Muazzinh MT yang hadir memberikan materi menyatakan kualitas pegawai PU era tahun 1980 an masih lebih baik dibanding saat ini. ”Kalau dulu karena semua proyek dilaksanakan swakelola, maka pegawai Dinas Pekerjaan Umum banyak yang mahir mulai dari tingkat perencanaan sampai pada pelaksanaan proyek. Saat ini pegawai PU hanya bisa sebatas tanda tangan kontrak,” tandasnya.
Sehingga, Muazzinh berharap, agar Diklat yang berlangsung sampai tanggal 23 April 2014 ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.n [eri]

Tags: