Anggota Dewan Support Penuh Destana BPBD Jatim

Pembentukan Destana di Desa Gadingan, Kabupaten Situbondo ditandai penyerahan bibit pohon mangga oleh anggota Komisi E DPRD Jatim, Zeiniye, Rabu (3/2).

BPBD Jatim, Bhirawa
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim kembali membentuk Desa/Kelurahan Tangguh Bencana (Destana) di Jatim. Pembentukan Destana ini dilakukan di Desa Gadingan, Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Rabu (3/2).
“Mitigasi bencana yang dilakukan BPBD Jatim ini patut diapresiasi. Kami siap mensupport upaya BPBD dalam membentuk Destana di seluruh Kabupaten/Kota di Jatim, seperti Destana di Desa Gadingan, Situbondo,” kata Zeiniye.
Kehadiran Destana, sambung Zeiniye, merupakan wujud kolaborasi dan sinergitas yang baik antara BPBD Provinsi, Kabupaten, Camat dan Desa. Destana ini juga diharapkan dapat menggugah partisipasi masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana.
“Kalau Provinsi sudah beri perhatian, Kabupaten juga beri perhatian, anggota dewannya juga kasih dukungan. Maka tinggal Desa dan partisipasi masyarakanya dalam penanggulangan bencana,” ucap anggota dewan fraksi PPP ini.
Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jatim, Gatot Soebroto menambahkan, pembentukan Destana selalu dihadirkan Mobil Edukasi Penanggulangan Bencana (Mosipena). Tujuannya untuk mengedukasi masyarakat terkait apa itu bencana, dan bagaimana penanggulangannya.
“Hari ini (kemarin) juga dilakukan pembentukan Destana di Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di Desa Kedungringin Kecamatan Muncar,” pungkasnya.
Seperti diketahui, pembentukan Destana di Kabupaten Situbondo ini dihadiriKalaksa BPBD Kabupaten Situbondo, Priyo Handoko; Plt Camat Jangkar, Atin Suryatin; Danramil Jangkar, Kapten Inf Sunaryo; Kanit Binmas Polsek Jangkar, Ipda Gatot Hermanto, Kades Gadingan Suhdi dan anggota LKMD Gadingan. [bed]

Tags: