Anggota Dewan Surabaya Terharu Kerja Keras Kader Posyandu

2-poto kakiSurabaya, Bhirawa
Tidak banyak yang tahu apa lagi terliput media massa, legislator Fatkhur Rohman ternyata suka blusukan . Kali ini, sempat terendus Bhirawa, Fatkhur terpaksa membawa wartawan mengikuti blusukan ke Posyandu salah satu RW di kelurahan Kertajaya.
Masuk  ke Posyandu yang terletak di gang yang cukup sempit ini, Fatkhur  ditemui langsung beberapa ibu kader Posyandu yang sedang melakukan pelayanan. Salah satu dari mereka dengan tersenyum mengatakan, “Ini sudah tugas kita pak, walau serba terbatas dan tidak semua ibu siap jadi kader, kita akan terus berbuat untuk masa depan ibu dan anak-anak kita di masa depan”.
Tahu ini Fatkhur mengaku keadaan ini mengharukan namun sekaligus membanggakan . Menurutnya ketika melihat para ibu-ibu Kader Posyandu di salah satu RW di kelurahan Kertajaya, Kecamatan Gubeng, Surabaya begitu semangat dan sabar melayani para ibu dan balita.
Untuk sekelas kota Surabaya, apalagi ini di wilayah perumahan, sarana prasarana yang terbatas tidak membuat mereka putus asa untuk selalu melayani dan melayani.
Sebagaimana kita ketahui, Posyandu merupakan perpanjangan tangan Puskesmas yang memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu. Kegiatan posyandu dilakukan oleh dan untuk masyarakat.
Posyandu sebagai wadah peran serta masyarakat, yang menyelenggarakan system pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar, peningkatan kualitas manusia, secara empirik telah dapat memeratakan pelayanan bidang kesehatan. Kegiatan tersebut meliputi pelayanan imunisasi, pendidikan gizi masyarakat serta pelayanan kesehatan ibu dan anak (Departemen Kesehatan, 1999).
“Memang harus diakui pak Fatkur, posyandu di kelurahan kami hanya beberapa yang strata Purnama dan Mandiri, masih banyak yang strata pratama dan madya. Karenanya selain program pemkot, support bapak sangat kami sambut apalagi jika memang ada fasilitasi ke non-pemkot”, jelas mereka dengan penuh harap.
Mendengar ini Fatkhur yang anggota Komisi D bidang Kesejahteraan rakyat menjanjikan bakal mensupprot dan mengawal program peningkatan layanan di Psoyandu maupun di Puskesmas.
“Iya bu, kegiatan posyandu memang harus digalakkan dan ditingkatkan walau faktanya memang masih seperti ini, saya yakin pemkot sudah berupaya memberikan perhatian, saya insyaAllah akan support semampu saya. Jika memang ada yang bisa diperjuangkan lewat program pemkot, kita akan kawal sama-sama, ini tugas mulia bu, program nasional untuk mempercepat penurunan angka kematian bayi, anak dan angka kelahiran”, paparan Fatkhur  kepada ibu-ibu kader tersebut.
Di kunjungan singkat itu fatkhur yang mantan ketua Fraksi PKS periode lalu ini  juga menyampaikan bahwa sebagaimana kegiatan RT/RW yang lain, masyarakat  tidak boleh hanya mengandalkan program pemerintah kota.
Menurutnya , antara kebutuhan warga dan kemampuan pemerintah sangatlah tidak seimbang, karenanya keterlibatan siapapun harus dibuka lebar, termasuk warga kita yang berkecukupan, lembaga-lembaga sosial ataupuan swasta yang lain.
“Kalau kita bersinergi, insyaAllah kegiatan-kegiatan mulia di kampung kita akan sukses. Kalau saat ini kita berkumpul dan alhamdulillah bisa pengadaan timbangan, semoga dengan konsep kebersamaan dan sinergi tadi nanti kita bisa memenuhi meja ini jadi 5 ,” terangnya menutup kunjungannnya. gat
Keterangan Foto : Fatkhur Rohman, anggota Komisi d DPRd Surabaya saat blusukan kesalah satu Posyandu di kelurahan Kertajaya

Tags: