Anggota Linmas Mendapat Bekal Bela Diri Pengamanan Pilkada dan Pilkades

Anggota Polsek Gedangan memberi teknik bela diri sederhana kepada anggota Linmas dalam pengamanan Pilkada dan Pilikades serentak. [alikus/bhirawa].

Sidoarjo, Bhirawa
Sebanyak 35 orang anggota Linmas di Kec Gedangan, Senin (23/11) kemarin, diberikan sosialisasi oleh pihak Kecamatan Gedangan tentang peran Linmas dalam menghadapi Pilkada dan Pilkades di tahun 2020 ini.

Narasumber yang dihadirkan diantaranya dari Bidang Linmas Satpol PP Kab Sidoarjo, Polsek Gedangan dan Koramil Gedangan.Camat Gedangan, Drs Agus Sujoko SH, mengatakan sosialisasi ini diberikan supaya jalannya Pilkada 9 Desember dan Pilkades serentak 20 Desember mendatang, sama-sama bisa berjalan lancar, aman dan sukses.

Agus menyampaikan khusus untuk Pilkades serentak di Kec Gedangan, akan diikuti oleh dua desa, yaitu Desa Sawotratap dan Desa Punggul yang pelaksanaannya dilakukan secara e-votting atau pemungutan suara secara elektronik. Karena dua desa ini jumlah penduduknya sangat banyak.

Meski wilayah Kec Gedangan termasuk wilayah yang padat dan majemuk, namun Agus optimis jalannya Pilkada dan Pilkades serentak akan bisa berjalan aman dan lancar.

“Insya Allah aman. Ini juga tidak lepas berkat peran dari para aparatur desa yang ada dan para Linmasnya,” komentar Agus, kemarin, usai membuka sosialisasi yang digelar di pendopo Kantor Kec Gedangan itu.

Agus berharap para petugas keamanan, salah satunya dari unsur Linmas tersebut saat menjalankan tugas selalu diberikan kesehatan. Karena saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, para anggota Linmas di Kec Gedangan itu, diingatkan supaya tidak lupa melakukan protokol kesehatan.

“Para anggota Linmas juga bisa mengingatkan warga masyarakat yang hadir di TPS agar menerapkan protokol kesehatan apabila barangkali ada yang lalai,” kata Agus.

Dirinya juga mengingatkan kepada panitia kegiatan di desa, baik untuk Pilkada dan Pilkades serentak, supaya memperhatikan kesehatan dari para anggota Linmas yang membantu di bidang keamanan. Misalnya memberikan mereka ekstra vitamin. Jangan sampai petugas keamanan sakit karena menjalankan tugas itu.

Yang tidak kalah pentingnya arahan kepada para anggota Linmas di Kec Gedangan, menurut Agus, mereka dilarang untuk memihak. Anggota Linmas harus netral.

“Punya pilihan sendiri boleh. Namun Jangan mengajak-ajak yang lain,” katanya.

Salah satu narasumber dari Plt Kabid Linmas Satpol PP Sidoarjo, Udin Samsul Hari SH, mengatakan anggota Linmas masuk dalam ring 1 saat Pilkada dan Pilkades serentak 2020.

Agar mereka terbebas dari Covid-19, nanti mereka akan dilakukan tes swab oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kab Sidoarjo.

Dalam sosialisasi, kemarin, para anggota Linmas selain menerima atribut rompi dari Satpol PP Sidoarjo, mereka juga mendapat latihan sederhana soal bela diri dari Polsek Gedangan, untuk pengamanan saat Pilkada dan Pilkades serentak 2020. (kus)

Tags: