Angin Puting Beliung di Awali Hujan Melanda Desa Sukosari Bondowoso

Akibat angin puting beliung, tampak pohon tumbang ke jalan disekitar pemukiman warga.

Bondowoso, Bhirawa
Kejadian alam ekstrim yakni angin puting beliung yang di awali hujan deras melanda Desa Sukosari Panggeng, Kecamatan Tamanan, tepatnya terjadi di Dusun Taman, RT/RW : 17/04, pada Minggu sore (25/10).

Akibat angin puting beliung yang berputar kencang mengakibatkan warga sekitar berhamburan keluar rumah. Banyak pohon disekitar pemukiman warga yang tumbang. Dan beberapa pohon yang tumbang ke jalan, mengenai fasilitas umum, mushollah, dan roboh ke genting rumah warga.

“Saya tak tahu jumlah pastinya (rumah rusak, red) . Sekitar lima rumah gentingnya terbawa angin, ada yang dirobohi pohon. Mushollah juga ada yang kena, dapur rumah saya juga kerobohan pohon durian,” kata Izra Tamaris, warga sekitar dihubungi awak media.

Izra Tamaris menceritakan bahwa saat sebelum kejadian dirinya tengah di warung namun, tak selang beberapa menit hujan deras disertai angin kencang melanda kawasan itu.

Karena itulah, dirinya dan warga sekitar berhamburan melarikan diri menuju area lapang.

“Saya melihat sendiri angin puting beliungnya itu. Kalau anginnya singkat hanya sekitar 1 menitan,” papar Irza.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Bondowoso, Kukuh Triatmoko membenarkan bahwa memang telah terjadi angin puting beliung. Namun dirinya tak bisa memberikan komentar banyak. Karena, tim BPBD tengah menuju lokasi.

“Ini tim sudah ke lokasi. Saya belum bisa kasih komentar, karena masih turun,” pungkasnya. [san]

Tags: