Angka Reservasi Hotel tiket.com di Surabaya Meningkat 248 Persen

Area Manager East Indonesia, tiket.com, Rajasa Hadisoemarto saat menjelaskan fitur tiketCLEAN kepada Public Relations Lead tiket.com, Yosi Marhayati dan Marketing Communication Manager DoubleTree by Hilton Surabaya, Icha Ayuningtias, Kamis (18/3). [Achmad Tauriq/bhirawa]

Surabaya, Bhirawa
Hadir di Surabaya untuk merayakan ulang tahun ke-10 pada tahun ini, Pionir Online Travel Agent (OTA) di Indonesia tiket.com memaparkan kinerja bisnis Hotel dan Akomodasi di Indonesia bagian timur khususnya di kota Surabaya.

Berdasarkan data di tahun 2020, pada Q3 ke Q4 tiket.com terus memecahkan rekor dan mencetak prestasi dalam pencapaian penjualan dan pemesanan hotel, dimana tingkat pemesanan hotel terus mengalami lonjakan sebesar 122 persen. Sedangkan kontribusi bisnis Akomodasi secara keseluruhan melonjak sebesar 118 persen (termasuk NHA – non hotel accomodation).

Area Manager East Indonesia tiket.com, Rajasa Hadisoemarto mengungkapkan pemulihan bisnis perhotelan di Indonesia pun sudah mulai mengarah ke arah positif, termasuk Surabaya. “Kami mencatat bahwa angka pemesanan hotel di kota Surabaya naik sebesar 248 persen dari Q3 ke Q4 2020. Hal ini menunjukkan animo masyarakat yang tinggi untuk kembali liburan atau mengganti suasana dengan melakukan staycation ataupun work from hotel di hotel dekat rumah,” terangnya, Kamis (18/3).

Rajasa Hadisoemarto menambahkan sejak terjadinya pandemi, fokus utama tiket.com adalah untuk mendukung upaya pemerintah mempercepat pemulihan industri pariwisata. “Berbagai upaya dan inovasi pun ditempuh oleh tiket.com sebagai manifestasi nyata komitmen dan janji tersebut. Salah satunya adalah fitur tiketCLEAN,” ujarnya.

Kehadiran tiketCLEAN merupakan solusi cerdas dari tiket.com dalam mendukung program pemerintah untuk menekan laju angka Covid-19, sembari turut mendorong pemulihan industri pariwisata Indonesia.

Label tiketCLEAN diberikan oleh tiket.com kepada semua mitra operator pariwisata yang telah memenuhi standarisasi protokol kesehatan dan kebersihan, sehingga aman dikunjungi oleh masyarakat.

“Hingga saat ini, terdapat lebih dari 10.600 hotel di Indonesia yang telah mendapatkan label tiketCLEAN. Khusus di kota Surabaya, 268 hotel telah berlabel tiketCLEAN. Jumlah mitra hotel yang berlabel tiketCLEAN pun bertumbuh rata-rata 35 persen per kuartal, sehingga pilihan hotel untuk pengalaman nginep pun semakin panjang,” tutur Rajasa.

Public Relations Lead tiket.com, Yosi Marhayati mengatakan bagi pengguna aplikasi tiket.com , kehadiran informasi hotel berlabel tiketCLEAN akan membantu mempermudah pengambilan keputusan bagi konsumen yang hendak mencari akomodasi.

“Mitra hotel yang telah memperoleh label tiketCLEAN, selain terlihat dalam aplikasi tiket.com, label tiketCLEAN pun terletak di front desk mitra hotel, sehingga pengunjung atau calon tamu yang bukan pengguna tiket.com dapat merasa lebih nyaman dan tenteram menetap di hotel tersebut,” jelasnya.

Menurut Yosi, tiket.com juga berpartisipasi dalam inisiatif Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), yaitu InDOnesia CARE yang memastikan bahwa tempat wisata dan akomodasi menerapkan protokol kesehatan dan tersertifikasi CHSE (Clean, Healthy Safety and Environment).

Sekarang pelanggan tidak perlu ragu lagi saat ingin berpergian dan menginap di akomodasi pilihan, karena tiket.com telah memberikan pilihan akomodasi yang sudah CHSE dan tiketCLEAN, dengan hanya memilih filter InDOnesia CARE saat akan memilih akomodasi.

Sementara itu tiket.com turut mengundang operator hotel lain agar segera bergabung ke dalam ekosistem tiket.com; serta bagi mitra akomodasi yang belum melakukan standarsisasi CHSE dan label tiketCLEAN.

“tiket.com juga mengajak untuk menerapkan dan menjalankan prosedur sertifikasi/standarisasi protokol kesehatan yang diberikan oleh Kemenparekraf dan tiket.com guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada tamu/pelanggan saat berwisata serta sebagai komitmen dan upaya untuk membantu menekan penyebaran virus,” ujar Yosi.

Untuk upaya mendukung gerakan Kemenparekraf #DiIndonesiaAja, tiket.com menggelar tiket #DiIndonesia yang memberikan berbagai inspirasi liburan ke destinasi domestik, khususnya 5 Destinasi Superprioritas, di platform tiket.com. Selain memberi inspirasi, tiket.com juga memberikan diskon tiket pesawat, hotel, dan aktivitas berwisata di tiket TO DO untuk destinasi di Indonesia.

“Kami percaya bahwa kemitraan berkelanjutan merupakan solusi kunci dalam mendorong pemulihan industri pariwisata Indonesia. Kolaborasi strategis antara tiket.com dan Kemenparekraf pastinya akan membawa dampak positif bagi para pencari nafkah di dalam industri pariwisata,” jelas Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com, Gaery Undarsa.

Berbagai peran yang dijalankan oleh tiket.com, menurut Gaery tidak hanya menjadi pionir platform OTA di Indonesia, tetapi juga jendela informasi bagi wisatawan lokal maupun internasional yang ingin menjelajahi Indonesia, akan semakin membuka peluang percepatan pemulihan industri pariwisata. “Kami optimis akan pemulihan menyeluruh sepanjang tahun 2021,” pungkasnya.

Protokol kesehatan menjadi salah satu kunci pertimbangan masyarakat dalam memesan hotel dan melakukan perjalanan ke sebuah destinasi wisata. Fitur tiketCLEAN menjadi andalan pelanggan dalam memilih mitra akomodasi (hotel atau villa), transportasi (pesawat, sewaan mobil) atau produk lainnya saat berlibur.

Dengan memilih mitra yang berlabel tiketCLEAN, pelanggan tetap bisa liburan sekaligus menjaga kesehatan dan kenyamanan hati.

Sementara itu mulai tanggal 18 hingga 24 Maret 2021, tiket.com gelar program #ditiketin dengan diskon hingga 40 persen untuk menginap di berbagai hotel pilihan di Indonesia. Konsumen dapat menikmati diskon dengan bertransaksi melalui aplikasi atau mengunjungi situs tiket.com. Tanggal menginep di hotel pun dapat ditentukan dan diubah sesuka hati dengan adanya fasilitas tiketFLEXI.

Selain diskon dasar hingga 40perse , bagi para konsumen yang menggunakan kartu kredit dari 5 mitra bank (BCA, BNI, Citibank, Standard Chartered Bank, dan UOB), 3 dompet digital (Digibank, GoPay, dan TMRW) dan tiket PayLater, tiket.com berikan diskon tambahan sebesar 8% ketika nilai transaksi mencapai Rp500.000 atau potongan Rp75.000 jika transaksi mencapai Rp 400.000.

“Kami mengundang masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan momen diskon khusus hotel persembahan dari tiket.com agar dapat mencoba pengalaman work from hotel atau rehat sejenak bersama pasangan atau keluarga. Bagi yang kangen work from hotel, gunakan kesempatan ini untuk nginep dengan durasi yang lebih panjang. Kami terus berpesan agar tetap disiplin 5M protokol kesehatan ketika nginep di hotel demi keamanan dan kenyamanan sesama pengunjung hotel,” papar Gaery. [riq]

Tags: