Angkat Branding Kota Mojokerto Lewat Logo

Harlistyati

Harlistyati
Keunggulan suatu produk salah satunya bisa diketahui lewat desain maupun logo hingga tagline.  Strategi marketing jitu ini mengilhami Badan Perencanaan Kota (Bappeko)  Mojokerto dalam mempopulerkan nama daerahnya.
“Sebuah kota itu bisa terkenal dengan cepat, bisa dikemas lewat branding desain logo maupun tageline atau slogan yang bagus, ” lontar Harlistyati,  Kepala Bappeko Mojokerto, Rabu (9/8).
Institusi yang dikendalikan Harlistyati inipun langsung berinovasi untuk membuat desain logo Kota Mojokerto yang dikemas dalam lomba city branding.  “Lomba ini supaya kita tahu bagaimana logo untuk branding sebuah daerah yang bagus itu.  Selain itu lomba ini untuk mengukur partisipasi publik.
Dalam pelaksanaan lomba itu,  Harlistyati dibuat terkejut dengan ramainya peserta. Rupanya nama Kota Mojokerto sudah dikenal hingga seantero Indonesia. Itu terlihat dari banyaknya peserta lomba City Branding Kota Mojokerto yang digelar Pemkot Mojokerto.
“Ternyata minat masyarakat cukup tinggi, sejak dibuka pendaftaran pada bulan Juli lalu hingga awal Agustus ini, tak kurang dari 200 peserta ikut ambil bagian dalam lomba logo dan slogan city branding Kota Mojokerto,” ujar perempuan alumnus Unair Surabaya ini.
Asal pesertanya pun, menurut wanita yang juga ketua Persani Kota Mojokerto ini jua bervariasi dan dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, warga dari Sumatera dan Batam ikut beradu konsep dalam lomba ini.
Wanita berjilbab ini menuturkan,  dari 200 peserta yang mengirimkan karyanya akan dilakukan penyaringan / seleksi lebih lanjut.  “Sepuluh nominator akan memaparkan karyanya dihadapan dewan juri. Dari situ akan dipilih karya – karya terbaik,” sambungnya.
Lomba yang digelar Bappeko ini  bertujuan membangun citra Kota Mojokerto yang mencerminkan identitas,sejarah,budaya,dan gaya hidup dengan tetap berpedoman pada visi Kota Mojokerto (terwujudnya kota mojokerto sebagai service city yang maju,sehat,cerdas,sejahtera dan bermoral).
Harlis memaparkan,batasan tema logo dan slogan lomba adalah seluruh wilayah kota mojokerto yang terdiri dari 3 kecamatan dan 18 kelurahan.Selain itu karya/produk yang harus dihasilkan oleh peserta lomba adalah logo dan slogan yang merupakan satu-kesatuan dan dilampiri diskripsi atau penjelasan pesan yang disampaikan dalam logo dan slogan tersebut. [kar]

Tags: