Antisipasi Lonjakan Trafik, Operator Selular Siapkan Jaringan

Call Center XL

Call Center XL

Surabaya, Bhirawa
Mengantisipasi adanya lonjakan trafik layanan telekomunikasi khususnya layanan data saat perayaan Tahun Baru, beberapa operator telah mensiapkan jaringannya supaya tetap bisa dinikmati masyarakat tanpa adanya kendala.
Telkomsel melakukan sejumlah peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh Indonesia dengan melakukan uji jaringan di beberapa area maupun jalur utama yang diprediksi menjadi pusat keramaian, seperti tempat wisata dan pusat perbelanjaan.
“Periode akhir tahun merupakaan periode dimana kebutuhan komunikasi pelanggan meningkat, khususnya dalam layanan data. Seiring dengan terus meningkatnya penggunaan layanan data dari tahun ke tahun, fokus kami ialah memberikan layanan dengan kualitas yang prima, sehingga para pelanggan akan mendapatkan pengalaman terbaik ketika menggunakan layanan data Telkomsel,” pungkas Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, Senin (28/12).
Ririek menjelaskan untuk tahun ini pihkanya telah mencanangkan program TrueBEx untuk penyediaan jaringan broadband terbaik di 30 Kota yang meliputi 1.000 POI (Point of Interest) untuk memastikan kecepatan akses layanan data dan stabilitas koneksi jaringan tetap terjaga.
“Selain itu kehadiran 4G LTE di berbagai kota juga diharapkan akan meningkatkan kenyamanan pelanggan di dalam menggunakan mobile broadband,” katanya.
Sedangkan Vice President XL East Region, Desy Sari Dewi mengungkapkan, seperti tahun-tahun sebelumnya untuk perayaan Tahun Baru ini akan terjadi kenaikkan trafik yang signifikan khususnya layanan data. Seperti tahun sebelumnya, di east region selama Natal ada kenaikan trafik data sebesar 11 persen dari 136.242 GB/hari menjadi 151.192 GB/hari, sedangkan voice turun 5 persen dari 31.927.517 menit/hari menjadi 30.216.866 menit/hari juga SMS turun 2 persen dari 32.324.370 sms/hari menjadi 31.573.442 sms/hari.
Bahkan Desy memprediksikan trafik penggunaan data akan meningkat cukup signifikan dibandingkan voice dan SMS. Seiring dengan semakin terbiasanya masyarakat dengan layanan data, termasuk untuk menelpon dan berkirim pesan.
“Menjelang Tahun Baru, XL memperkiraan kenaikan trafik akan terjadi pada semua layanan, baik data, SMS, juga voice dibandingkan trafik di hari normal. Untuk layanan Data, diperkirakan akan naik sekitar 15-20 persen, voice 5 persen dan SMS 10 persen,” jelasnya, Senin (28/12). [riq]

Tags: