Antisipasi Penyelewengan Pupuk, PT Petrokimia Gresik Beri Bag Code

Foto: ilustrasi

Foto: ilustrasi

Tuban, Bhirawa
Seringnya terjadi kelangkaan pupuk bersubsidi pada musim tanam, PT Petrokimia Gresik telah melakukan upaya pencegahan dan pengamanan pada saat pendistribusian pad distributor, kios hingga para petani. Upaya pengamanan dan pencegahan tersebut diantaranya dengan memberikan kode pada zak (bag code), pewarnaan pada jenis pupuk, serta memberikan striker pada kendaran pengangkut.
“Semua itu kita lakukan akar petani tidak dirugikan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab, selian juga agar pendistribusian pupuk tepat sasaran,” Kata Yusuf Wibisono Manager Humas PT Petrokimia Gresik saat bertandangh di Kantor Balai wartawan Kabupaten Tuban Jl. Pramuka No 1 Tuban(26/1).
Selain itu, upaya pengawasan dilapangan juga dilakukan, baik melalui KP3 (Komisi Pengawas Pupuk Dan Pestisisda), pengawas oleh petugas lapangan PKG juga pengawasan melalui sistem pelaporan penyaluran pupuk. “Sebenar-nya semua pengawsan sudah dilakukan dan sudah ada, akan tetepi kami mengakui seperti KP3 yang anggotanya terdiri dari beberapa lembaga belum maksimal,” terang Yusuf Wibisono.
Oleh karena itu, PT Petrokimia Gresik berharap pada pemerintah untuk mengoktimalkan peran tenaga penyuluh dan dinas pertanian, juga meningkatkan pengawasan KP3 yang pada setiap daerah sudah ada guna menghindari penyelewengan pupuk bersubsidi serta agar tidak dijual diatas harga eceran tertinggi (HET).
“Harapan kami untuk para petani bisa menerapkan pola pemupukan secara berimbang sesui takaran yang telah ditentukan dinas. Serta kami menghimbau pada distributor dan pengecer agar menyalurkan pupuk bersubsidi sesuai peraturan pemerintah, juga masyarakat ikut mengawasi serta melaporkan pada kami jika terjadi penyelewegan dan peradaran pupuk palsu,” Himbau Manager Humas PT Petrokimia Gresik Yusuf Wibisono.  [hud]

Tags: