Antusiasme Siswa SMA Sidoarjo Ikuti KSN 2020 Masih Tinggi

Para peserta berkumpul di halaman SMAN 3 Sidoarjo diberi pengarahan sebelum KSN 2020 dimulai. [achmad suprayogi]

Sidoarjo, Bhirawa
Peserta Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020 bagi siswa dan siswi SMA Negeri/Swasta di Sidoarjo masih cukup tinggi. Terbukti pada pelaksanaan KSN 2020 SMA Sidoarjo, pada Selasa (10/3) kemarin, yang ditempatkan di SMA Negeri 3 Sidoarjo pesertanya mencapai hampir seribu siswa.
Efeknya 24 ruang yang diisi 36 siswa per ruang yang disediakan tidak mencukupi. Sehingga panitia kelabakan menambahkan dan mencarikan tempat untuk mereka ada sekitar 100 siswa yang dengan terpaksa harus ditempatkan di Aula SMAN 3 Sidoarjo.
Materi yang dilombakan dalam KSN 2020, yang sebelumnya OSN (Olimpiade Sains Nasional) ini ada sembilan materi pelajaran, yakni Biologi, Fisika, Matematika, Geografi, Kebumian, Astronomi, Ekonomi, Informatika, Komputer dan Kimia.
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Surabaya dan Sidoarjo, Dr Sukariyantho MSi mengatakan, kalau pelaksanaan KSN 2020 ini merupakan agenda dari Kementerian Pendidikan dalam hal ini Direktorat Pembinaan SMA dan Dinas Pendidikan Provinsi Jatim untuk pelaksanaan di tingkat Kabupaten/Kota. KSN itu merupakan bentuk pengembangan potensi diri, minat dan bakat bagi siswa harus ada peluang, harus ada tempat.
“Jadi KSN ini merupakan wadah untuk menyalurkan bakat dan minat potensi anak – anak SMA. Khususnya di bidang Sains yang terdiri dari sembilann mata pelajaran itu,” jelasnya.
Tugas pemerintah membuat ruang untuk aktualisasi penyaluran bakat dan minat anak-anak itu. Tentunya akan memilih yang terbaik karena ada kompetisi. Dan kompetisi berjenjang, nantinya yang terbaik baik akan kita kirim ke tingkat Propinsi Jawa Timur, bahkan sampai ke tingkat nasional.
Terpisah, Kepala SMA Negeri 1 Sidoarjo, Dr Ristiwi Peni MPd menuturkan, kalau pihaknya telah mengirimkan sebanyak 27 siswa. Mereka akan mengikuti sembilan mata pelajaran yang dilombakan. ”Jadi masing – masing siswa kami mengikuti semua mata pelajaran. Per mata pelajaran telah diikuti tiga siswa. Semoga kami bisa menjadi juara umum lagi seperti tahun lalu,” tutur mantan Kepala SMAN 1 Porong ini. [ach]

Tags: