Arif Hidayatulloh: Dana Desa Tak untuk Program Kampung Tangguh di Sidoarjo

Arif Hidayatulloh

Sidoarjo, Bhirawa.
Prioritas penggunaan Dana Desa (DD) tidak ada kaitannya dengan Peraturan Bupati (Perbup) Sidoarjo nomor 39 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid 3.

“Karena pada klausul perbup tersebut tidak mencantumkan Permendes (Peraturan Menteri Desa-red) nomor 6 tahun 2020 yang menjelaskan tentang prioritas penggunaan Dana Desa. Ini yang harus dipahami,” tandas Pendamping Ahli Kabupaten Sidoarjo, Arif Hidayatulloh.
Ditemui di kantor sekretariat Pendamping Desa, di kawasan Pondok Mutiara Sidoarjo, Sabtu (30/5)

, Arif menjelaskan bahwa prioritas penggunaan DD tahun 2020 tetap mengacu pada Permendes nomor 6 tahun 2020 yang secara teknis sudah diatur oleh turunannya, Perbup maupun Surat Edaran Sekretaris Daerah (Sekda).

Lebih jauh dipaparkannya, ada tiga poin utama penggunaan DD dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini. Pertama, Penanganan Covid-19 yang dilakukan oleh Relawan Desa dengan segala bentuk kegiatannya sesuai Surat Edaran Sekda Sidoarjo nomor 141/2656/438.5.8/2020 yang terbit per tanggal 7 April 2020.

“Kedua, prioritas penggunaan DD untuk BLT-DD yang juga dikuatkan dengan Permenkeu. Dan yang terakhir adalah prioritas penggunaan DD untuk PKTD (Padat Karya Tunai Desa) yang lebih detailnya telah disosialisasikan oleh Pendamping Teknik Infratruktur Desa,” imbuh Wakil Sekretaris PC GP Ansor Sidoarjo itu.

Dan ketiga poin tersebut sudah dilaksanakan Pemerintah Desa bersama para pelawan Covid-19 yang didalamnya meliputi pengurus RT/RW, Tokoh Agama, Bidan Desa, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas.

fakta di lapangan menunjukkan adanya kepanikan dari pemerintah desa terkait penggunaan DD untuk menyokong PSBB di Kabupaten Sidoarjo yang sampai berjilid-jilid seperti sekarang ini.

“Kami berharap pemerintah desa bisa lebih tenang, karena pada dasarnya Relawan Desa sudah melakukan subtansi dari program Kampung Tangguh tersebut,” tandas Arif.

Sementara itu, Koordinator Pendamping Desa Kabupaten Sidoarjo, Ulul Azmi yang ditemui terpisah berharap pihak Pemkab bisa mengucurkan anggaran untuk mendukung berbagai kegiatan yang sudah dilakukan Relawan Desa untuk menangani wabah corona.(hds)

Tags: