ASN Kemnaker Harus Tingkatkan  Orientasi Pelayanan pada Stakeholders

Dirjen Anggoro Putri, saat menyampaikan arahan dalam upacara virtual Kemnaker, Senin (18/10).

Jakarta, Bhirawa.
Dirjen PHI dan Jamsos Kemnaker Indah Anggoro Putri menyatakan; Salah satu aspek penilaian kinerja para ASN (Aparatur Sipil Negara), adalah perilaku kerja. Yang meliputi orientasi pelayanan, komitmen inisiatif, kerjasama dan kepemimpinan. Kelima hal tersebut harus dapat di sinergikan dalam pelaksanaan tugas ASN Kemnaker sehari-hari. Sehingga dapat terwujud Good Performance pada ASN Kemnaker.

“Peningkatan orientasi pelayanan kepada stakeholders Ketenagakerjaan, juga harus dilakukan, agar tercipta iklim yang harmonis, dinamis dan berkeadilan,” ujar Dirjen Anggoro Putri, saat menyampaikan arahan dalam upacara virtual Kemnaker, Senin (18/10).

Dikatakan, selain mewujudkan Good Performance, penilaian kinerja, juga dijadikan sebagai bahan evaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi. Yang evaluasi nya dilakukan oleh Kementerian PAN-RB, setiap tahun nya.

“Saya berharap, hal ini dipatuhi dan direalisasikan oleh kita semua, untuk menuju Good Performance ASN Kemnaker,” ucap Dirjen

Seluruh jajaran Kemnaker, diminta untuk menerapkan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Dimana pelaksanaan operasional  sehari-hari dimulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan. Sampai dengan pelaksanaan, harus dilaksanakan secara tertib dan terkendali, melalui sistem pengendalian intern

“Sehingga dapat memberikan keyakinan, bahwa penyelenggara kegiatan operasional pada suatu instansi pemerintah, dapat mencapai tujuan yang efektif dan efisien. Pelajaran keuangan negara secara andal dan akuntabilitas, mengamankan aset-aset negara dan mendorong ketaatan terhadap peraturan perUndang-Undangan,” tambah Anggoro Putri.

Untuk membangun Good Performance di ASN Kemnaker, maka seluruh ASN Kemnaker, diminta untuk memperhatikan 3 elemen dasar. Yaitu penetapan tujuan dan sasaran yang tepat, komunikasi dan kolaborasi yang sehat. Serta pengakuan dan penghargaan yang memotivasi. Yaitu dengan memberikan penghargaan atau reward atas prestasi atau capaian pegawai.

“Ketiga elemen tersebut kiranya dapat diwujudkan secara bersama-sama dengan meningkatkan peran dan keterlibatan seluruh pegawai di Kemnaker. Dengan tidak lupa untuk terus saling bersinergi, berkolaborasi, diantara sesama pegawai. Diantara sesama unit di Kemnaker,” ajak Dirjen Anggoro Putri. (ira).

Tags: