ASN Tulungagung Hari Ini Belum Bisa Gajian

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Tulungagung, Bagus J Kuncoro

Tulungagung, Bhirawa
ASN lingkup Pemkab Tulungagung di awal tahun baru 2021 tidak bisa sepenuhnya dapat bergembira. Masalahnya, pada hari ini, Senin (4/1), mereka belum bisa dipastikan dapat menerima gaji seperti bulan-bulan sebelumnya yang selalu di awal bulan.
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Tulungagung, Bagus J Kuncoro, mengungkapkan untuk penerimaan gaji dan TPP ASN Pemkab Tulungagung bulan Januari 2021 terjadi pergeseran.
“Hal ini disebabkan pergantian format dalam penggajian. Dari yang sebelumnya SIPKD (Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah) menjadi SIPD (Sistem Informasi Pemerintah Daerah),” ujarnya, Minggu (3/1).
Dengan pergantian format tersebut, Bagus belum bisa memastikan apakah seluruh ASN di lingkup Pemkab Tulungagung dapat menerima gajinya seperti biasa pada awal bulan atau tidak. Ia beralasan sampai saat ini BPKAD Kabupaten Tulungagung masih melakukan lembur agar penerimaan gaji ASN dapat diterima tepat waktu.
“Surat yang kami luncurkan ke OPD-OPD untuk penggajian bulan Januari 2021 dimungkinkan ada pergeseran antara tanggal 4 – 15 Januari 2021. Ini kami terus pantau perkembangannya,” paparnya.
Mantan Kasatpol PP Kabupaten Tulungagung ini membeberkan peralihan ke format baru dalam sistem penggajian ASN tersebut berlaku sama di seluruh Indonesia. Dalam format yang baru dibutuhkan input tambahan berupa NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) setiap ASN.
“Jadi masing-masing OPD harus input lagi. Kecepatan dalam menginput data tersebut tergantung OPD-nya masing-masing, karena setiap OPD ada yang jumlah ASN-nya banyak ada pula yang sedikit,” paparnya lagi.
Sejauh ini, lanjut dia, sudah ada 39 OPD dari 59 OPD di lingkup Pemkab Tulungagung yang sudah menyelesaikan penginputannya. “Sebelum di kirim ke Bank Jatim kami koreksi dulu. Koreksi kebenaran nomor rekeningnya, kebenaran potongannya,” imbuhnya.
Bagus berharap sudah ada ASN yang menerima gaji pada hari ini, Senin (4/1). Termasuk DPRD Tulungagung. “Ini menyangkut nasib orang banyak. Kami pun lembur. Begitu pun dengan Bank Jatim. Kami trial (coba) dulu yang BPKAD, nanti yang (OPD) lainnya mengikuti,” tuturnya.
Sebelumnya, beredar surat bernomor : 900/1622/407.204/2020 tertanggal 30 Desember 2020 yang ditandatangani Sekda Tulungagung, Sukaji, dan ditujukan pada Kepala OPD lingkup Pemkab Tulungagung perihal pergeseran penerimaan gaji dan TPP ASN bulan Januari 2021. Dalam surat itu disebutkan dimungkinkan terjadi pergeseran penerimaan gaji dan TPP ASN bulan Januari 2021 yang diperkirakan tanggal 4 – 15 Januari 2021.
Hal tersebut disebabkan, di antaranya pelaksanaan Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintah Daerah yang mengamanatkan pemerintah daerah wajib menggunakan aplikasi SIPD. SIPD belum dapat dioperasionalkan secara optimal karena modul penatausahaan pada SIPD baru di launcing pada 28 Desember 2020. [wed]

Tags: