Aspotdirga Kasau Buka Kejurnas Terjun Payung di Lanud Abd Saleh Malang

Atlet terjun payung saat menunjukkan kemampuannya mendarat dalam pembukaan Kejuaraan Nasional Terjun Payung Kasau Cup 2023 di Lanud TJNI AU Abd Saleh Malang, Kec Pakis, Kab Malang.

Kab Malang, Bhirawa
Pangkalan Udara (Lanud) TNI Angkatan Udara (AU) Abdurachman Saleh Malang menggelar Kejuaraan Nasional Terjun Payung Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Cup 2023 dan Babak Kualifikasi PON XXI 2024 di Lapangan Dirgantara, Lanud Abdulrachman (Abd) Saleh Malang, Kabupaten Malang.

Kegiatan tersebut dibuka Asisten Potensi Dirgantara (Aspotdirga) Kasau, yang juga bertindak sebagai Inspektur Upacara Kejuaraan Nasional Terjun Payung Kasau Cup 2023 dan Babak Kualifikasi PON XXI 2024 Marsekal Muda (Marsda) TNI Andi Wijaya.

Dalam pembukaan kegiatan tersebut diikuti 169 orang atlet dari 15 Provinsi s- Indonesia. Dan yang hadir dalam pembukaan itu, yang tampak hadir yakni Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Marskal Pertama (Marsma) TNI Fairlyanto, Kepala Dinas Potensi Dirgantara (Kadispotdirga) Lanud Abd Saleh Malang Kolonel (Tek) Chaeruman, dan Bupati Malang HM Sanusi.

Marsda TNI Andi Wijaya, Kamis (21/9), disela-sela kegiatan Kejuaraan Nasional Terjun Payung Kasau Cup 2023 dan Babak Kualifikasi PON XXI 2024 di Lapangan Dirgantara, Lanud Abd Saleh Malang, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang mengatakan, jika kejuaraan nasional ini dalam rangka program tahunan Kasau, sekaligus kita bersamaan melakukan babak kualifikasi atau Pra PON XXI 2024, yakni sebagai salah satu syarat untuk mengikuti PON 2024 mendatang.

“Kejuaraan kali ini diikuti oleh 169 orang atlet dari 15 Provinsi se-Indonesia,” jelasnya.

Dia juga menyampaikan, semua atlet yang tampil dalam event ini sudah memenuhi syarat untuk mengikuti kegiatan PON XXI 2024 mendatang. Sedangkan untuk pelaksanaan tahun ini, yang berbeda adalah cuacanya memasuki pancaroba yang salah satunya adalah kondisi angin dan limitasi yang cukup kencang dan menjadi tantangan tersendiri bagi para atlet, dalam mengikuti kejuaran nasional kali ini. Sedangkan untuk kesiapan pesawatnya sangat cukup, karena TNI AU selalu mendukung semua kegiatan dirgantara, salah satunya untuk pendukung kegiatan terjun paying seperti sekarang ini.

“Sejak tahun 1970-an, TNI AU selalu berkomitmen untuk mendukung kegiatan kejuaraan terjung payung. Dan mudah-mudahan jumlah peserta tahun mendatang akan semakin meningkat. Nanti juga akan disiapkan alat baru untuk pendukung dalam upaya meningkatkan kemampuan atlet dan cabang olahraga terjun paying tersebut,” papar Aspotdirga Kasau.

Di tempat yang sama, Bupati Malang HM Sanusi mengatakan, Kejuaraan Nasional Terjun Payung Kasau Cup 2023 dan Babak Kualifikasi PON XXI 2024, yang digelar di Lanud TNI AU Abd Saleh Malang ini, akan menjadi hiburan olahraga warga Kabupaten Malang. Apalagi, peserta yang mengikuti kejuaraan itu jumlahnya mencapai ratusan orang atlet seluruh Indonesia. Dan secara tidak langsung mereka akan mengenal Kabupaten Malang, mungkin mereka juga akan berwisata pantai di wilayah Malang Selatan.

Dan sekaligus, lanjut dia, juga memperkenalkan tempat-tempat wisata pantai di Malang Selatan, yang mana memiliki keindahan alamnya tidak kalah dengan pantai-pantai lain di Indoensia. Sehingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang sangat mendukung kejuaraan terjun payung skala nasional, yang digelar di Lanud Abd Saleh Malang.

“Semoga kejuaraan nasional sering digelar di wilayah Kabupaten Malang, agar Kabupaten Malang semakin dikenal masyarakat Indonesia maupun mancanegara,” ujarnya. [cyn.why]

Tags: