Awal Bulan di Tahun 2020, PA Sudah Putuskan Ratusan Perkara 

Mazir

Lamongan,Bhirawa 
Selama dua bulan awal yakni bulan Januari dan Februari 2020,Statistik Pengadilan Agama Lamongan menyatakan telah memutus 209 perkara. 
Hal tersebut diungkapkan oleh Panmud Hukum Pengadilan Agama Lamongan Mazir,S.Ag.M,Si kepada wartawan, Kamis (20/2). 
“Sejauh ini hingga dua bulan awal tahun 2020 ini , kami sudah menangani 483 perkara.Dari 483 perkara tersebut,Total sebanyak 209 perkara yang sudah di berikan putusan oleh Pengadilan Agama,” ungkap Pak Mazir.
Pak Mazir mengutarakan jika dominasi yang paling banyak ditangani PA Lamongan adalah perkara cerai gugat dan talak.”Paling banyak di cerai gugat yakni 120 perkara dan sebanyak 52 perkara di cerai talak,” ungkapnya. 
Sementara itu, Sisa selebihnya terkait perkara ijin poligami,harta bersama,asal usul , isbat nikah, dispensasi kawin , penetapan ahli waris berada jauh di bawah dua perkara cerai gugat dan cerai talak. 
Pengadilan Agama Lamongan memastikan jika pihaknya tetap mengupayakan kedua pihak dalam perkara cerai gugat  dalam persidangan untuk tetap bisa kembali lagi.”kita tetap memfasilitasi supaya keluarganya tidak sampai cerai. Tetapi upaya itu tergantung juga pada kedua belah pihak,” terang Mazir. 
Mazir menjelaskan, Persoalan ekonomi masih menjadi paling banyak yang menjadi dasar pemicu perceraian di Kabupaten Lamongan.”Rata – rata masalah dasarnya adalah soal perekonomian,” Jelasnya. 
Dirincikanya, Perkara perceraian seringkali  diajukan oleh penduduk yang berasal dari tiga tempat perbatasan, Yakni  daerah Kecamatan Babat ,  Kecamatan Paciran atau pantura dan Kecamatan Sukorame.
Dalam memaksimalkan fasikitas pengajuan dan pemutusan perkara, Pengadilan Agama Lamongan juga memberikan layanan jemout bola. Pelayanan tersebut biasanya di sebut sidang keliling. 
Pada sidang keliling yang dilakukan rutin oleh PA Lamongan setiap Hari Jum’at, mampu memberikan hal yang positif di setiap perkara yang di tangani.”Dengan adanya sidang keliking selain mempermudah masyarakat dalam mengajukan perkara dan tidak perlu jauh – jauh menyelesaikanya,Kami juga sangat terbantu dari sisi letak penempatan setiap penuntasan perkara yang di ajukan,” pungkasnya. [aha]