Awalnya Coba-coba

Toto Basuki

Toto Basuki
Selain pekerjaan utama, biasanya orang memiliki aktivitas sampingan yang menguntungkan. Contohnya seperti yang dilakukan Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sidoarjo, Drs Toto Basuki MM. Apa aktivitas sampingannya itu?.
Saat berkesempatan ngobrol santai dengan Toto, awalnya dia malu-malu mengutarakannya. Namun akhirnya mau menjelaskan apa dan bagaimana bisnis sampingannya itu. “Awalnya dulu hanya coba-coba. Kini saya jalani,” ujar Toto, yang hampir satu tahun ini punya aktivitas dalam bisnis multi level marketing (MLM) yang bergerak pada bidang kesehatan dan kecantikan.
Dalam menjalankan bisnis sampingannya itu, Totok mengaku jika aktivitasnya itu sama sekali tidak sampai mengganggu tugasnya sehari-sehari sebagai seorang ASN di Pemkab Sidoarjo. Sebab, aktivitasnya dalam MLM itu ia lakukan saat waktu santai di rumahnya. Tentu saja dengan memanfaatkan sarana IT saat ini, seperti smartphone.
“Lumayan, sudah dapat member cukup banyak,” kata pria yang tinggal di Perumahan Permata Megah Asri, Sidokepung Kecamatan Buduran ini.
Kegiatan MLM, kata Toto, harus dilakukan dengan jujur dan menjunjung tinggi unsur kepercayaan. Karena apabila satu kali tidak bisa dipercaya, maka selanjutnya akan tidak dipercaya lagi.
Dari aktivitas MLM-nya itu, pria kelahiran Kanor, Bojonegoro ini mengaku telah mendapat undangan gratis untuk mengunjungi Korea Selatan. Namun undangan itu saat ini masih belum bisa terlaksana karena ada Covid-19.
Disaat masa pandemi Covid-19, produknya yang berupa suplemen dan nutrisi, menurut Toto,
dianggap sangat bagus untuk memperkuat daya tahan tubuh. Sedangkan produk kalung kesehatan, bagus untuk bisa meredam radiasi radikal bebas dari smartphone yang saat ini kadang tidak pernah lepas digunakan orang dalam aktivitas kesehariannya.
“Semoga pandemi Covid-19 ini segera bisa cepat berlalu dan segera normal kembali seperti semula,” harap dari ayah dua orang putra ini. [kus]

Rate this article!
Awalnya Coba-coba,5 / 5 ( 2votes )
Tags: