Babinsa 0814/09 Kudu Jombang Gelar PSN Daerah Binaan

Babinsa 0814/09 Kudu, Jombang saat melaksanakan PSN bersama sejumlah pihak, Jumat (24/01/2020). [arif yulianto/ bhirawa].

Jombang, Bhirawa
Kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Desa Kudu Banjar, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang menggalakkan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) yang dilaksanakan secara terus menerus. Hal itu seperti yang terlihat pada hari Jumat (24/01/2020) kemarin.
Kegiatan tersebut melibatkan petugas Puskesmas Tapen, Muspika dan kepala desa serempat, Bidan Desa Jumantik, Kasi Sosbud, Kader Posyandu, Babinsa 0814/09 Kudu, Kodim 0814 Jombang Serma Yuwono, serta perangkat desa setempat.
Dalam kegiatan tersebut, petugas berhasil mengidentifikasi 150 rumah warga dengan hasil 35 rumah positif terdapat jentik nyamuk, sedangkan 115 rumah negatif atau tidak terdapat jentik nyamuk. Pada 35 rumah warga yang terdapat jentik nyamuk tersebut, petugas mengimbau pemilik rumah untuk sering menguras bak kamar mandi atau penampung air lainnya yang ada di rumah masing-masing warga sehingga tidak dijadikan perkembangbiakan jentik nyamuk.
Babinsa 0814/09 Kudu, Serma Yuwono mengatakan, sebagai Bintara Pembina Desa dirinya wajib melakukan pendampingan petugas PSN di daerah binaan.
“Hal ini merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan dan menghindarkan dari Penyakit Demam Berdarah,” ucap Serma Yuwono di sela kegiatan.
Di tempat yang berbeda, Komandan Danramil (Danramil)0814/09 Kudu, Jombang, Kapten Inf Ngatari mengatakan, dengan adanya kegiatan PSN, para Babinsa bisa bersinergi dengan aparat terkait sehingga dalam pelaksanaan bisa terlaksana secara maksimal untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk yang akhir-akhir ini menjadi momok di warga masyarakat.
“Dengan dilakukan PSN tersebut sangat meminimalisir warga terjangkit Penyakit Demam Berdarah. Selain itu Babinsa sebagai aparat kewilayahan wajib memberikan pendampingan dan membantu sosialisasi kepada seluruh masyarakat, hal tersebut bagian dari komunikasi sosial dan pembinaan kemantapan pertahanan wilayah,” papar Kapten Ngatari.
Sementara itu, Kepala desa Kudu Banjar, Gatot Kuswanto mengucapkan rasa terimanya kepada seluruh pihak yang terlibat kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk tersebut.
“Dengan adanya PSN yang merupakan rutinitas setiap Jumat, warga tidak terjangkit Pengakit Demam Berdarah,” tutupnya.(rif)

Tags: