Babinsa Koramil 0814/12 Kesamben Jombang Bersihkan Saluran Irigasi

Sertu M. Idris bersama warga Desa Kedungmlati, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang membersihkan saluran irigasi, Senin (04/12). [arif yulianto/bhirawa].

Jombang, Bhirawa.
Guna membantu petani, anggota TNI – AD dari Koramil 0814/12 Kesamben, Jombang yang bertugas sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kedungmlati, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Sertu M. Idris melaksanakan kerja bhakti pembersihan saluran irigasi di Dusun Krandegan, Desa Kedungmlati, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Senin (04/12).

Sertu M. Idris mengatakan, kerja bhakti merupakan kegiatan yang dapat membangun kebersamaan dengan warga guna membangun suatu hubungan yang harmonis dan kompak di dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kegiatan kerja bakti tersebut, Sertu M. Idris bersama warga saling bahu-membahu untuk membersihkan saluran irigasi dari tumpukan rumput dan sampah yang menyebabkan terhambatnya saluran air menuju sawah petani.

“Kegiatan kerja bakti ini merupakan salah satu upaya mensukseskan pertanian dan mengoptimalkan sistem irigasi dengan baik, maka harus dilakukan pembersihan saluran air supaya tidak tersumbat. Sehingga para petani tidak akan kekurangan air untuk lahan sawahnya,” papar Sertu M. Idris.

“Saluran irigasi sebagai penyedia bahan baku air pertanian harus dijaga kelancarannya, sehingga pertanian berkembang dengan baik untuk mendongkrak hasil panen para petani,” ujar Sertu M. Idris.

Dikatakannya, dengan kerja bakti juga dapat mempermudah atau mempercepat suatu pekerjaan karena dikerjakan beramai-ramai.

“Kerja Bakti juga merupakan sarana Babinsa untuk membantu masyarakat di wilayah binaannya sebagai perwujudan kemanunggalan TNI dengan rakyat,” ujar Danramil 0814/12 Kesamben, Jombang, Kapten Inf Andik Purwanto di tempat terpisah.(rif.gat)

Tags: