Babinsa Koramil 0815/04 Puri Bantu Petani Pupuk Tanaman Padi

Mojokerto. Bhirawa
Tugas tambahan Babinsa, melakukan pendampingan kepada petani yang berupa pengolahan lahan hingga panen. Bahkan hingga penyerapan gabah dari petani ke Bulog. Nampaknya betul betul dirasakan oleh petani manfaatnya.
Sebagaimana yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 0815/04 Puri Kodim 0815/Mojokerto Pelda Samiadi, saat melaksanakan pendampingan pemupukan tanaman padi milik Udin warga Desa Balongmojo Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto.
Saat beraktifitas di lahan seluas 2,5 ha. ini Udin ( 50 thn )kepada bhirawa selasa 10/3/2020 mengatakan kedatangan Babinsa turun ke sawah ikut membantu petani dalam melaksanakan pemupukan adalah kegiatan yang sangat meringankan beban petani. Apalagi ditambah penjelasan seputaran cara pemupukan, pengendalian hama yang baik dan benar berdasarkan ukuran yang pas, sangat membantu petani.kata Udin.
Mengomentari hal itu Pelda Samiadi mengaku kegiatan pendampingan sebagai bagian dari Upsus Ketahanan Pangan ini adalah sebagai tugas tambahan dari Komando atas. Untuk itu sebagai petugas pendamping, kepada petani jangan sungkan sungkan jika butuh kehadiran kami. untuk kosultasi ataupun twrjadinya kelangkaan pupuk. kami selalu siap mendampingi petani suwaktu waktu dibutuhkan dan berupaya keras mencarikan jalan keluar terbaik.
Salah satunya soal pemupukan ini harus dilakukan secara tepat dan benar sehingga tanaman padi akan tumbuh kembang dengan baik dan mampu menghasilkan gabah yang melimpah hingga membawa berkah untuk petani.kata Samiadi. ( min )
Tampak dalam foto Babinsa Pelda Samiadi saat memberi penjelasan kepada petani, bagaimana melakukan pemupukan yang baik dan benar
Pada kesempatan tersebut, Pelda Samiadi juga meminta para petani, agar tidak sungkan-sungkan untuk menyampaikan atau melapor apabila menemui kendala atau hambatan dalam mendapatkan pupuk.
“Bila ada kesulitan dalam suplay pupuk segera hubungi PPL dan Babinsa, nanti akan dibantu dikomunikan untuk dicarikan solusinya” ujarnya.
Sementara itu pemilik lahan, H. Udin, mengungkapkan, kehadiran Babinsa yang memberikan penerangan tentang tata cara pemupukan sangat bermanfaat bagi kami sebagai para petani.
Masih katanya, dengan penjelasan Babinsa tersebut, kita semakin paham dan menambah pengetahuan tentang cara pemupukan yang benar.
“Dengan takaran atau komposisi pemupukan yang benar, tentunya kita berharap hasil panen ke depan lebih maksimal,” imbuhnya. [min]

Tags: