Babinsa Koramil Kemlagi Dampingi Petani Tanam Padi Sistem Gogo

Tingkatkan Ketahanan Pangan

Mojokerto, Bhirawa.
Guna meningkatkan ketahanan pangan di wilayah binaan, Babinsa Mojowiryo Koramil 0815/06 Kemlagi Kodim 0815/Mojokerto Serda Ainur Rofik melaksanakan kegiatan pendampingan percepatan tanam produksi padi di Desa Mojowiryo, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto, Senin (04/12).

Serda Ainur Rofik menjelaskan, kegiatan ini merupakan upaya mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan di wilayah teritorial khususnya di Kecamatan Kemlagi.

“Penanaman padi yang kami lakukan menggunakan sistem gogo atau masyarakat sini menyebutnya gejik, di sawah seluas 0,1 hektar milik Bapak Puji, warga Desa Mojowiryo”, ujar Babinsa yang diamini PPL setempat, Endang.

Adapun penanaman padi di lahan milik Puji ini memasuki minggu pertama awal Desember Tahun 2023. “Dengan menggunakan pupuk phonska (NPK) bersubsidi, perkiraan panen sekitar 120 hari ke depan jika tidak ada kendala”, jelasnya.

Babinsa Mojowiryo juga menjelaskan, menurut warga binaannya kendala yang dihadapi saat ini irigasi yang belum memadai sehingga masih tergantung dengan curah hujan.Sebagai informasi, persawahan milik warga binaan Babinsa Mojowiryo ini dikelola Kelompok Tani (Poktan) Tani Rahayu Desa Mojowiryo yang diketuai Wawan Artika.jelasnya. (min.gat)

Tags: