Babinsa Koramil Kudu Jombang Karya Bakti Bangun Pondasi Gedung TPQ

Serda Sutiyo menggelar karya bhakti pembangunan pondasi gedung TPQ bersama warga, Minggu (7/3). [arif yulianto]

Jombang, Bhirawa
Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0814/09 Kudu, Jombang, Serda Sutiyo bahu membahu bersama warga masyarakat melaksanakan kegiatan karya bakti membangun sarana pendidikan keagamaan yakni, Gedung TPQ di Desa Keboan Lor, Kecamatan Ngusikan, Kabupaten Jombang, Minggu (7/3) kemarin.
Menurut Serda Sutiyo, kegiatan karya bakti ini selain bertujuan membantu warga masyarakat, juga merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab Babinsa untuk membantu warga masyarakat di wilayah binaan.
“Dan di sisi lain bisa menjalin hubungan komunikasi dengan warga masyarakat di wilayah binaan. Pembuatan TPQ ini dimaksudkan agar anak-anak bisa belajar membaca Alquran sehingga nantinya bisa membaca Alquran dengan baik dan benar. Pembangunan TPQ ini dikerjakan secara gotong royong oleh semua warga masyarakat,” ungkap Serda Sutiyo.
Serda Sutiyo juga menyampaikan kepada warga tentang pentingnya menjaga Protokol Kesehatan (Prokes) seperti tentang penggunaan masker, cuci tangan dan menjaga jarak, mengingat hingga saat ini masih terjadi pandemi Covid-19.
“Selain itu kami juga melakukan edukasi tentang vaksinasi dalam dekat ini akan sampai ke semua warga masyarakat. Diharapkan warga tidak takut dan tidak percaya berita – berita hoax yang beredar tentang vaksinasi, semua sudah di lakukan uji coba dan mendapat sertifikat halal dari MUI,” terangnya.
Kepala Desa Ketapang Lor, Kecamatan Ngusikan, Kabupaten Jombang, H Fachrudin mengatakan, kehadiran Babinsa selain membantu pekerjaan juga bisa menjadi motivator bagi masyarakat di desanya agar wargalebih semangat.
“Bukan hanya dalam kegiatan karya bakti saja, melainkan di berbagai kegiatan kemasyarakatan. Sehingga dengan kehadiran Babinsa di wilayah akan menjaga stabilitas yang kondusif,” katanya.
Diharapkan agar hubungan komunikasi antara Babinsa dengan masyarakat yang sudah berjalan dengan baik, bisa terus dijaga dan ditingkatkan agar lebih harmonis. ”Selain untuk mempererat hubungan komunikasi dengan masyarakat, karya bakti juga merupakan bentuk wujud kepedulian Babinsa sebagai fungsi pelaksanaan tugas pokoknya,” tambahnya.
Dikatakannya, pembangunan gedung TPQ di desanya ini bertujuan untuk menampung dan mewadahi anak anak yang ingin belajar membaca Alquran, baik dari desa setempat maupun desa sekitar yang berdekatan, sehingga tercipta suasana kerukunan antar desa dalam kehidupan sehari – hari.
Sementara itu, Komandan Koramil (Danramil) 0814/09 Kudu, Jombang, Kapten Inf Ngatari menyampaikan, dengan adanya anggotanya yang selalu turun ke lapangan, diharapkan bisa membantu kesulitan warga, dan diharapkan bisa bekerja sama dengan baik dengan aparatur desa maupun Bhabinkamtibmas. [rif]

Tags: