Babinsa Krembangan Wejangi Pelajar Wawasan Kebangsaan

Babinsa Koramil 0830/01 Krembangan, Pelda Hermanto memberikan materi Wasbang kepada siswa-siswi SMP Tunas Buana Surabaya, Selasa (24/1).

Surabaya, Bhirawa
Menanamkan rasa nasionalisme sejak dini terhadap generasi muda sangatlah penting. Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 0830/01 Krembangan, Pelda Hermanto yang memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Cinta Tanah Air kepada siswa-siswi SMP Tunas Buana Surabaya, Selasa (24/1).
Pelda Hermanto menjelaskan, wawasan kebangsaan bagi generasi muda sangatlah penting. Terutama dalam hal menanamkan jiwa bela negara, rasa cinta tanah air, menjaga persatuan dan kesatuan. Wasbang juga dapat ditunjukkan dengan semangat gotong royong dan rasa saling menghormati satu dengan yang lain.
“Semangat nasionalisme ini harus kita tanamkan sedini mungkin. Tujuannya agar generasi muda ini, khususnya para siswa siswi lebih mengenal dan mencintai NKRI. Dan terhindar dari pengaruh negatif yang mengakibatkan degradasi moral,” kata Pelda Hermanto.
Sebab, sambung Hermanto, dewasa ini para siswa-siswi banyak yang kurang paham dengan pengetahuan tentang bangsa dan negara sendiri. Sehingga banyak meniru perilaku-perilaku negatif yang mengakibatkan degradasi moral.
Pihaknya pun mengimbau para generasi muda ini untuk menjaga nama baik sekolah, diri sendiri dan juga keluarga. Dengan cara menanamkan jiwa nasionalisme dan berani menolak terhadap ajakan maupun perilaku negatif. Sehingga tidak terjerumus dari pergaulan bebas dan salah.
“Jangan mudah terjerumus kedalam hal-hal yang negatif. Untuk menghindari dampak buruk itu, rajinlah beribadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa,” imbaunya.
Rajin belajar dan tetap semangat dalam menimba ilmu, sambung Hermanto, merupakan kunci meraih cita-cita dimasa depan. Sehingga keberhasilan tersebut dapat membanggakan keluarga dan orang tua. Serta memberikan yang terbaik bagi Bangsa dan Negara.
“Sikap perilaku warga negara perlu diwadahi dengan mengembangkan wawasan kebangsaan dan bela negara. Sehingga kelangsungan hidup bangsa dan negara senantiasa terpelihara dan terjaga dengan baik,” pungkasnya. [bed]

Tags: