Bakorwil V Jember Fasilitasi Bimtek KIM di Jember

Kabid Pemerintahan Bakorwil V Jember Choirul Anam (tengah) didampingi Kabid Aspirasi dan Informasi Publik Diskominfo Jember Rahmad Agung Purnama (kiri) di Kelurahan Tegalgede Kec. Sumbersari, kemarin.

Jember, Bhirawa
Sekitar 60 Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Jember ikuti bimbingan teknis (bimtek) yang difasilitasi Bakorwil V Jember bekerjasama dengan Kominfo Kabupaten Jember, di Kelurahan Tegalgede, Kecamatan Sumbersari, Minggu, (3/12) kemarin. 

Dengan mengusung tema ” DigiKIM Tulis, Rekam, Bagikan: Kreatifitas Tanpa Batas di Dunia Digital”, diharapkan  KIM Jember melek tekhnologi sehingga informasi yang disampaikan kepada masyarakat cepat, akurat dan transparan

Kepala Bakorwil V Jember yang diwakili Kabid Pemerintahan Choirul Anwar  mengatakan kegiatan tersebut merupakan implementasi UU No.14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik dan menyongsong Indonesia Wmas 2045 mendatang.” Informasi publik saat ini merupakan kebutuhan utama bagi setiap orang. Di era global ini menuntut penyelenggara kekuasaan yang bersifat akuntabel dan transparan bagi publik. Hak memperoleh informasi  dimiliki masing-masing warga negara dan keterbukaan informasi publik  merupakan salah satu ciri penting bagi negara demokrasi yang menjunjung tinggi kedaulatan,” ujar Pak Choi nama panggilan Choirul Anwar.

Sehubungan dengan itu ulas Pak Choi, menjadi tugas bersama antara masyarakat dengan pemerintah dalam menyampaikan informasi yang benar dalam bentuk apapun baik secara tertulis maupun lisan.’ Namun bukan hal yang mudah bagi masyarakat untuk memahami serta memperoleh informasi publik yang benar. Kenyataannya tidak semua masyarakat di Jawa Timur khususnya Kabupaten Jember dapat menerima informasi yang benar, karena keterbatasan akses informasi dan juga lemahnya pengetahuan  masyarakat dalam memahami informasi yang benar,” jelasnya.

Oleh karenanya, kegiatan bimtek KIM dapat mengoptimalkan serta menciptakan jaringan informasi media yang berkualitas untuk dapat meraih prestasi yang lebih.”Kita semua berharap dengan terlaksananya kegiatan fasilitasi bimtek KIM dapat mengoptimalkan jaringan informasi yang berkualitas dan dapat memberikan informasi yang mudah dipahami oleh masyarakat,” katanya pula.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jember diwakili Kabid Aspirasi dan Informasi Publik Rahmad Agung Purnama mengaku berterima kasih kepada Bakorwil V Jember  yang telah menfasilitasi kegiatan ini.” Sehingga bimtek ini sebagai sarana edukasi sehingga KIM di Jember dapat memilah-memilah informasi yang akan disampaikan kepada masyarakat,” kata Agung.

Di Jember kata Agung KIM ini baru  efektif sejah bulan Mei lalu, dan hingga saat ini ada 76 Komunitas Informasi Masyarakat di Kabupaten Jember.” Mereka sudah lama menginginkan bimtek, dan alhamdulillah melalui Bakorwil V Jember bersama Diskominfo Kabupaten Jember bimtek ini terlaksana. Dalam bintek kemarin, mereka belajar cara membuat konten film pendek melalui gadget,” pungkasnya.(efi.hel)

Tags: