Bakti Sosial Donor Darah PWI Jawa Timur Berlangsung Sukses

Surabaya, Bhirawa
Kegiatan donor darah yang diselenggarakan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Kota Surabaya dalam rangkaian memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020 dan HUT ke-74 PWI berlangsung lancar dan sukses.
Bakti sosial yang berlangsung di Aula Sekretariat PWI Jatim, Jalan Taman Apsari Surabaya, Sabtu (15/2), diikuti personel TNI, Polri, instansi pemerintah dan swasta, serta masyarakat umum, termasuk para jurnalis.
Pada kesempatan itu, hadir pula Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho dan Komandan Korem 084 Bhaskara Jaya Kolonel Sudaryanto.
“Secara keseluruhan ada hampir 150 orang yang hadir mengikuti donor darah, tetapi sebagian dari mereka tidak bisa diambil darahnya karena berbagai sebab,” kata Koordinator kegiatan donor darah PWI Jatim Taufik Rohman.
Mereka yang tidak bisa diambil darahnya atau gagal donor, lanjut Taufik, antara lain dikarenakan tekanan darahnya sedang tidak stabil, kondisi fisik kurang bagus, atau habis minum obat-obatan.
“Pak Danrem jadi salah satu yang gagal mendonorkan darahnya, sementara Pak Kapolrestabes dari pemeriksaan tim PMI kondisinya sedang bagus dan bisa donor,” tambah pria yang akrab disapa Taufik Pentol itu.
Baik Danrem Kolonel Sudaryanto maupun Kapolrestabes Kombes Pol Sandi Nugroho pada kesempatan itu juga menyampaikan ucapan selamat Hari Pers Nasional tahun 2020 dan HUT ke-74 PWI.
“Mudah-mudahan kerja sama insan pers dengan TNI dan Polri yang selama ini sudah terjalin dengan baik, bisa semakin erat dan harmonis lagi serta saling mendukung dalam menciptakan kondusivitas wilayah,” kata Danrem.
Ketua PWI Jatim Ainur Rohim menambahkan, bakti sosial donor darah merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun dalam rangkaian HPN dan HUT PWI.
“Kegiatan donor darah ini juga bertujuan membantu PMI Surabaya dalam menyediakan stok darah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Setetes sumbangan darah kita akan sangat berguna dan bisa menyelamatkan sejuta jiwa,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua Panitia HPN 2020 tingkat Jatim Teguh LR mengemukakan bahwa donor darah merupakan salah satu dari sejumlah rangkaian kegiatan yang digelar PWI Jatim untuk memperingati HPN dan HUT ke-74 PWI.
“Selain donor darah, kami juga akan mengadakan bakti sosial operasi katarak di Nganjuk pada akhir Februari, bekerja sama dengan Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih, Indosiar dan SCTV. Sebelumnya kami juga melakukan kegiatan silaturahim ke sejumlah wartawan senior di Jatim,” katanya. (iib)

Tags: