Balai Bahasa Jatim Umumkan Pemenang Lomba HBII 2021

Kepala Balai Bahasa Jatim sedang memimpin rapat penilaian lomba bersama dewan juri.(achmad suprayogi/bhirawa)

Sidoarjo, Bhirawa
Peringati HBII (Hari Bahasa Ibu Internasional) Tahun 2021, BBJT (Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur) menggelar Lomba Bercerita bagi siswa SD/MI dan SMP/MTs Negeri dan Swasta se-Jawa Timur, juga Lomba Video Kreatif bagi Siswa SMA/SMK/MA Negeri dan Swasta se-Jawa Timur.

Proses kegiatannya mulai  tanggal 15 hingga 28 Februari 2021, penilaiannya mulai 2 hingga 5 Maret 2021 serta pengumumannya tanggal 8 Maret 2021. Adapun juara pertama untuk lomba bercerita bagi siswa SD/MI diraih Olivia Tahtayuning K dari SDN Pulung Ponorogo. Lomba bercerita untuk siswa SMP/MTs diraih  Af Ida Nurotul Bayti dari SMPN 1 Plumpang Tuban dan Lomba Video Kreatif bagi siswa SMA/SMK/MA diraih Putri Nurul Azizah dari SMAN 1 Srono Banyuwangi.

Kepala BBJT Jatim Dr Asrif MHum menjelaskan kalau jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini di luar perkiraan panitia, dengan waktu pendaftaran yang singkat, ternyata pesertanya banyak sekali. “Sebanyak 406 siwa yang mengirimkan video ke tautan panitia,  terdiri dari 170 peserta SD/MI, 191 peserta SMP/MTs dan 45 peserta SMA/SMK/MA,” jelas Asrif, pada Selasa (9/3/2021).

Ia katakan, kalau kegiatan tersebut bertujuan  untuk menggali potensi generasi muda, agar memiliki sikap positif dan cinta bahasa dan budaya daerah. Juga untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian siswa terhadap Bahasa Ibu. “Dan yang lebih penting lagi adalah untuk meningkatkan minat dan kemampuan siswa berkreasi dan bercerita serta membuat video kreatif, sehingga bisa  menumbuhkembangkan budaya literasi, dan mengembangkan aktivitas menulis kreatif,” katanya.

Menurut Asrif, untuk penilaian karya-karya siswa ini telah dilakukan oleh dewan juri yang mumpuni di bidangnya, mulai dari  akademisi, praktisi dan budayawan. “Kali ini hanya pengumumannya, untuk penyerahan penghargaannya akan kami berikan nanti pada tanggal 16 Maret 2021,” jelasnya.

Adapun data para pemenang secara keseluruhan adalah, lomba bercerita tingkat SD/MI sebagai jaura pertama, Olivia Tahtayuning K  dari SDN 3 Pulung Ponorogo, kedua Jilan Athaya Ilaiah  dari SDN Gunongsekar 1 Sampang, ketiga Sukma Ayu  dari SDN Pacitan, keempat Nathania Zakya Dewi A dari  SDN Gedongan 1 Mojokerto dan kelima Irma Febrianti dari SDN Gedongan 1 Mojokerto.

Untuk Lomba Bercerita Siswa SMP/MTs dimenangkan Af Ida Nurotul Bayti  dari SMPN 1 Plumpang Tuban, kedua  Adinda Nurlatifa O dari SMP Islam Al Amal Surabaya, ketiga Auliyah Zakiyatul Rosyidah dari MTs Negeri 2 Kota Blitar, keempat Artika Dwipa Madurani  dari SMPN 1 Torjun Sampang dan kelima Nandini Aulia Arifanny  dari SMPN 1 Kota Mojokerto.

Untuk Lomba Video Kreatif Siswa SMA/SMK/MA dimenangkan Putri Nurul Azizah dari SMAN 1 Srono Banyuwangi, kedua Nada Citra Anbar Wangi dari SMAN 1 Pulung Ponorogo, ketiga Dio Nurkholis  dari SMAN Dawarblandong Mojokerto, keempat Ahmad Rifky Ramadhani dari SMAN 2 Malang dan Suada dari SMAN 1 Ketapang Sampang. (ach) 

Tags: